Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2019, 10:50 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu dengan Kaisar Naruhito di Istana Kekaisaran Jepang, pada Senin (27/5/2019).

Trump bertemu dengan kaisar baru Jepang tersebut dalam rangkaian kunjungan kenegaraannya yang telah dimulai pada Sabtu (25/5/2019).

Dengan pertemuan tersebut, Trump menjadi kepala negara asing pertama yang bertemu dengan Kaisar Naruhito, yang baru naik takhta tiga pekan lalu.

Trump yang mengenakan setelan gelap dan dasi merah, datang bersama istrinya Melania, dan langsung disambut Kaisar Naruhito bersama Permaisuri Masako di depan gerbang istana.

Mereka kemudian berdiri berjajar di atas karpet merah di luar istana untuk mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara. Tampak bendera kedua negara berkibar tertiup angin di samping mereka.

Baca juga: Sebelum Kedatangan Trump, Jepang Diguncang Gempa

Setelah berjalan menyusuri halaman istana, kedua pasangan menuju lokasi pertemuan dan mengobrol. Meski ada penerjemah resmi, namun tidak banyak yang dilakukannya, karena baik Kaisar Naruhito maupun Permaisuri Masako lama tinggal di negara Barat.

Kaisar Naruhito merupakan lulusan Oxford, sementara Permaisuri Masako pernah kuliah di Harvard.

Pertemuan Trump dengan Kaisar Naruhito berlangsung selama sekitar 50 menit.

Selanjutnya, kaisar dan permaisuri kembali mengantarkan sang presiden dan ibu negara ke mobilnya, yang akan membawa Trump ke acara berikutnya, yakni pertemuan puncak dan makan siang dengan Perdana Menteri Abe Shinzo.

Namun Trump dijadwalkan akan kembali bertemu dengan kaisar di istana saat jamuan makan malam, yang akan menandai puncak kunjungan presiden AS ke Jepang.

Sebelumnya pada Minggu (26/5/2019), Trump dan Abe telah bertemu di sebuah restoran khas di Tokyo.

Keduanya juga sempat menghabiskan waktu untuk melakukan olahraga kegemaran Trump, golf.

Dan malam harinya, Trump bersama Melania, menjadi tamu kehormatan dalam turnamen sumo bergengsi, di mana presiden AS itu mempersembahkan sebuah piala raksasa, yang dibawa dari Amerika untuk diserahkan kepada sang juara.

Abe berharap, suasana baik dalam kunjungan Trump ke Jepang akan berdampak positif terhadap hubungan perdagangan dan militer AS dengan Jepang.

Baca juga: Saat Trump Naik ke Arena Pertandingan Sumo, Penonton Bersorak dan Bersiul

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com