Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menang Telak dalam Pemilu, PM India Minta Doa Restu Ibundanya

Kompas.com - 27/05/2019, 06:29 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP,NDTV

AHMEDABAD, KOMPAS.com - Perdana Menteri India Narendra Modi pergi mengunjungi ibundanya, Minggu (26/5/2019), usai kemenangan telak partainya dalam pemilu, sebelum menghadiri perayaan kemenangan di Varanasi.

Melalui akun media sosial Twitter miliknya, Modi, yang berusia 68 tahun, mengatakan bahwa dirinya hendak meminta doa restu dari ibundanya, Heeraben Modi (95), di kampung halamannya di Ahmedabad, negara bagian Gujarat.

PM Modi dikatakan rutin menemui ibunya sebelum agenda-agenda penting, seperti pemilihan, di sela kegiatannya yang padat. Ibunda perdana menteri kini tinggal bersama putranya yang paling muda, Pankaj Modi.

"Akan pergi ke Gujarat besok, untuk meminta doa restu dari ibu. Kemudian lusa, saya akan berada di Kashi untuk menyampaikan terima kasih kepada rakyat atas kepercayaan mereka kepada saya," tulis PM Modi di Twitter, Sabtu (25/5/2019).

Baca juga: PM Narendra Modi: Terima Kasih India!

Selain menemui ibunya, PM Modi juga menghadiri rapat umum, yang pertama sejak kemenangan partainya, Bharatiya Janata Party (BJP) dalam pemilihan parlemen atau Lok Sabha.

"Kita harus memanfaatkan waktu lima tahun ini untuk menyelesaikan permasalahan warga," ujar PM Modi di harapan para pendukungnya di Ahmedabad.

PM Modi menambahkan, adalah penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pemerintahan pada tahun-tahun mendatang.

"Rakyat kali ini telah memilih untuk mendukung program-program kami dan pemerintahan yang kuat. Rakyat telah memilih stabilitas dan keamanan," kata Modi, yang akan mengambil sumpah jabatan perdana menteri untuk periode kedua pada Kamis mendatang.

"Lima tahun mendatang akan menjadi hal yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi India dan juga dunia. Sudah waktunya bagi India untuk mendapatkan kembali posisinya secara global. India akan mempengaruhi ekonomi dunia," lanjutnya.

Dia juga menyampaikan belasungkawa kepada 22 korban tewas dalam insiden kebakaran gedung perguruan tinggi di Surat, pekan lalu.

Varanasi, lokasi dilangsungkannya perayaan kemenangan pada Senin (27/5/2019), merupakan daerah pemilihan Modi dalam pemilu akbar India.

Varanasi sering disebut sebagai ibu kota suci India, salah satu tempat suci dalam kepercayaan Hindu, agama mayoritas penduduk India, di mana orang beriman akan dikremasi di atas tungku kayu bakar yang disusun di samping Sungai Gangga yang dianggap suci.

Kendati berasal dari Gujarat, namun PM Modi selalu menekankan bahwa dirinya bukan oleh luar bagi Varanasi, melainkan "putra tanah" kota suci itu.

Baca juga: Pemilu India, Modi Kejutkan Oposisi dengan Kemenangan Besar di Depan Mata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com