Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 8.0 Guncang Peru

Kompas.com - 26/05/2019, 19:30 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

LIMA, KOMPAS.com - Sebuah gempa kuat dengan magnitudo 8.0 dilaporkan mengguncang Peru pada Minggu pagi waktu setempat (26/5/2019), dan membuat warga mengungsi.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), pusat gempa itu dilaporkan berada di sekitar 75 km arah selatan-tenggara Lagunas, dan 180 km di timur Moyobamba.

Baca juga: Sebelum Kedatangan Trump, Jepang Diguncang Gempa

Adapun seperti dikutip Al Jazeera, kedalaman gempa itu adalah 110 km dengan otoritas lokal menyebutnya "kedalaman menengah", dan dirasakan hingga ibu kota Lima.

"Beberapa kerusakan dan korban mungkin terjadi. Sementara dampaknya hanya dirasakan di sekitar lokasi gempa," terang USGS dalam pernyataan awal.

Adapun Institut Geofisika Peru sebagaimana diberitakan AFP menyatakan, gempa dirasakan selama dua menit dengan magnitudo-nya dinaikkan menjadi 7.5 dari semula 7.2.

Hingga saat ini, belum dilaporkan adanya korban jiwa. "Gempa dengan kedalaman ini biasanya hanya mmeberi kerusakan kecil di permukaan. Namun bisa dirasakan di luar episentrumnya," kata USGS.

Presiden Martin Vizcarra dalam kicauannya di Twitter meminta warganya untuk tetap tenang. "Saat ini, kami tengah menganalisis area yang terdampak," terang dia.

Laporan awal di televisi lokal menyatakan terdapat kerusakan di bangunan kota Yurimaguas yang letaknya dekat dengan pusat gempa. Namun hingga saat ini belum ditemukan korban.

Pacific Tsunami Warning Center menerangkan, mereka tidak memasang status tsunami pada gempa yang terjadi karena letaknya terlalu dalam di Bumi.

Februari lalu, terjadi gempa berkekuatan 7.5 yang berlokasi di negara tetangga Ekuador, dan sempat mengguncang kawasan pantai serta wilayah Amazon di utara Peru.

Gempa tersebut mengakibatkan sembilan orang terluka dan sejumlah bangunan rusak. Namun, Peru tidak terpengaruh.

Peru berada di wilayah yang disebut Cincin Api Pasifik. Di mana mayoritas aktivitas seismik Bumi berada.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 4,4 di Pasaman Barat Berpusat di Samudra Hindia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com