Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Gagalkan Serangan Drone Peledak Houthi yang Incar Bandara

Kompas.com - 24/05/2019, 09:05 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

RIYADH, KOMPAS.com - Arab Saudi mengklaim telah menembak jatuh sebuah drone bermuatan bahan peledak yang dikerahkan oleh kelompok pemberontak Yaman untuk menyerang bandara.

"Sebuah perangkat pesawat nirawak dengan bahan peledak yang dikirimkan oleh milisi Houthi untuk menyerang bandara Najran telah dicegat dan dihancurkan oleh angkatan udara Saudi," ujar juru bicara koalisi Kolonel Turki al-Maliki, Kamis (23/5/2019).

Stasiun televisi pemberontak Yaman, Al-Masirah, mengatakan serangan itu, yang ketiga kalinya menyerang bandara Najran dalam 72 jama terakhir, telah ditargetkan sistem pertahanan udara Patriot, buatan AS.

Baca juga: Saudi Klaim Pemberontak Houthi Kirim Misil ke Mekah

"Pemberontak melakukan serangan terhadap bandara sipil dan memperingatkan akan adanya tanggapan," lanjut Maliki.

Sebelumnya, pada Selasa (21/5/2019), sebuah drone peledak yang terbang melintas berakhir menabrak gudang senjata di bandara yang sama dan memicu terjadinya kebakaran.

Maliki turut mengkonfirmasi adanya serangan dari kelompok pemberontak yang menyerang instalasi sipil di Provinsi Najran menggunakan drone peledak. Serangan itu dilaporkan tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Koalisi pimpinan Arab Saudi telah melakukan intervensi terhadap konflik di Yaman pada Maret 2015 dan mendorong mundur pemberontak pemberontak Houthi yang didukung Iran, yang terus mengendalikan ibu kota Sanaa dan mengembalikan kekuasaan presiden Abedrabbo Mansour Hadi.

Sejak saat itu, konflik yang terjadi dilaporkan telah menewaskan puluhan ribu orang, banyak di antaranya merupakan warga sipil. Demikian kata lembaga bantuan kemanusiaan.

Kondisi tersebut telah memicu apa yang digambarkan PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dengan lebih dari 24 juta orang penduduk membutuhkan bantuan.

Baca juga: Diserang Drone Bersenjata Houthi, Saudi Tutup Jaringan Pipa Minyak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com