Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajari Cara Bertahan di Hutan, Tentara Thailand Praktikkan Makan Kadal Hidup

Kompas.com - 23/05/2019, 12:36 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

CHONBURI, KOMPAS.com - Sebagai tentara yang bertugas melindungi negara, bukan tidak mungkin menerima misi yang akan menempatkan mereka dalam situasi sulit yang serba terbatas.

Seorang instruktur tentara di Thailand mengajarkan para peserta pelatihan militer cara bertahan hidup di dalam hutan saat tidak ada lagi persediaan makanan.

Dia mengajarkan cara memanfaatkan apa yang ada di alam untuk bertahan hidup, salah satunya dengan memakan kadal hutan.

Dalam sebuah video yang memperlihatkan sesi pelatihan militer di Thailand, seorang instruktur mempraktikkan langkah-langkah memakan kadal hidup.

Dengan seekor kadal yang dipegang dengan kedua tangannya, instruktut itu mulai memperlihatkan cara membunuh kadal itu dengan menggigit kepalanya, kemudian menguliti, dan mengeluarkan isi perutnya, hingga mendapatkan daging kadal yang bersih dan siap dimakan.

Baca juga: Pelanggan Temukan Kadal Mati dalam Camilan Terkenal “Irvin’s Salted Egg”

Teknik memakan kadal hidup itu diperlihatkannya di hadapan puluhan rekrutmen tentara yang menjadi peserta pelatihan militer.

"Bagian dagingnya adalah satu-satunya yang bisa kalian makan. Bisa dimakan langsung atau memasaknya dan memanggangnya untuk membuatnya lebih lezat."

"Rasanya seperti ayam atau katak. Daging juga akan memberi kalian protein tinggi dan energi yang cukup untuk membuat merasa kenyang selama satu hari," ujar instruktur tentara dalam rekaman video pelatihan.

Dilansir Daily Mirror, kegiatan dalam video tersebut berlangsung selama pelaksanaan pelatihan kamp militer di Chonburi, Thailand, pada 9 Februari lalu.

Di akhir pelatihan, instruktur itu menunjuk salah satu peserta untuk mempraktikkan apa yang baru saja diajarkan.

Namun peserta itu hanya bisa sampai pada memasukkan kadal itu ke dalam mulutnya dan tidak sampai benar-benar menggigitnya.

"Saya paham bahwa kalian merasa ini sangat tidak menyenangkan dan menjijikkan. Tetapi saat berada dalam situasi yang sulit, kalian harus berani demi bertahan hidup," pesan instruktur kepada peserta pelatihan.

Baca juga: Kadal Kosta Rika Bikin Gelembung Udara Agar Bisa Menyelam 16 Menit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com