Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancam Ledakkan Trump Tower dan Konsulat Israel, Seorang Pria Ditahan

Kompas.com - 23/05/2019, 08:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

NEW YORK, KOMPAS.com - Otoritas Amerika Serikat telah menahan seorang pemuda yang disebut telah mengancam bakal meledakkan Trump Tower dan kantor konsulat Israel di New York.

Jonathan Xie (20) ditahan di New Jersey pada Rabu (22/5/2019), setelah tim penyelidik menemukan serangkaian pesan ancaman yang dipostingnya ke media sosial.

Pria itu diduga merupakan simpatisan Brigade Al Qassam, sayap militer Hamas, gerakan Islam yang menguasai wilayah Jalur Gaza.

Xie, yang berasal dari lingkungan yang makmur di New Jersey, didakwa dengan dua tuduhan berupaya memberi dukungan materi kepada organisasi teroris, dua tuduhan membuat pernyataan palsu, serta satu tuduhan menyebarkan ancaman dalam perdagangan antarnegara.

"Ancaman yang datang dari ekstremis brutal yang meradikalisasi dirinya sendiri masih tetap ada," kata Jaksa AS Craig Carpenito dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Gelar Aksi Anti-Trump, Ratusan Warga Muslim AS Shalat di Trump Tower

"Di saat semakin banyak orang Amerika yang akrab dengan ISIS, kami menganggap serius orang-orang yang ingin membantu organisasi teroris tersebut," tambahnya.

Desember lalu, menurut pernyataan penuntutan, Xie mengirimkan uang 100 dollar AS (sekitar Rp 1,4 juta) ke seseorang di Gaza yang dia yakini sebagai anggota Brigade Al Qassam.

Xie kemudian menyombongkan hal itu di Instagram dengan menuliskan, "Cukup yakin jika itu ilegal, tetapi saya tidak peduli."

Di bulan Februari, Xie juga mengaku sempat ingin bergabung dengan tentara AS "untuk belajar cara membunuh".

Kemudian pada bulan April, dia mengunggah foto Trump Tower di Instagram dengan keterangan foto yang mengatakan bahwa dia ingin meletakkan bom di sana.

Pada satu unggahan, Xie juga membuat poling "Ya/Tidak" untuk pertanyaan "Haruskah saya mengebom Trump Tower?", lengkap dengan simbol bom.

Di bulan yang sama, dia kembali mengunggah video ke Instagram di mana dia menampilkan bendera Hamas dan pistol sambil mengatakan ingin pergi ke pawai pro-Israel dan melepaskan tembakan ke semua orang di sana.

Baca juga: Paket Mencurigakan yang Diduga Bom Timbulkan Kepanikan di Trump Tower

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com