Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Pisau dan Pistol ke Sekolah, Guru SD di Florida Ditahan

Kompas.com - 22/05/2019, 19:56 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

PINELLAS, KOMPAS.com - Seorang guru di sekolah Florida ditangkap dan dipecat, setelah kedapatan membawa senjata api berpeluru dan dua buah pisau saat mengajar di kelas.

Dilansir New York Post dari Tampa Bay Times, Betty Jo Soto (49), guru kelas IV di Sekolah Dasar Starkey, Pinellas County, menghadapi dua tuduhan pelanggaran ringan karena membawa senjata tersembunyi.

Juru bicara distrik sekolah Pinellas, Lisa Wolf-Chason, mengatakan, Soto menunjukkan "perilaku mencurigakan" selama berada di sekolah pada Senin (20/5/2019).

Dia mengatakan, kepala sekolah Audrey Chaffin melihat Soto selalu membawa tas ransel ke mana pun dia pergi dan hal itu tidak biasa dilakukan.

"Kepala sekolah melihat dia membawa tas ransel ke mana pun dan merasa curiga, sehingga dia memberi tahu petugas keamanan."

Baca juga: Bermain Pistol Milik Teman Polisinya, Seorang Pemuda Tewas Tertembak

"Setelah diperiksa mereka menemukan apa yang ada di dalam tasnya, sebuah pistol semi-otomatis dan tujuh butir peluru," ujar Wolf-Chason.

Senjata-senjata tersebut, sebuah pistol semi-otomatis Glock 9 milimeter ditemukan di dalam tas yang tertinggal di kelas IV, sekitar pukul 11.30 pagi. Petugas juga menemukan tujuh butir peluru.

Pistol itu sempat terlihat oleh para siswa di kelas IV.

Soto diketahui memiliki izin untuk membawa senjata tersembunyi di Florida. Namun hal tersebut tetap tidak memperbolehkannya membawa senjata tersebut ke lingkungan sekolah.

Petugas mengatakan, mereka juga mendapati guru itu membawa dua buah pisau bersamanya, yakni sebuah pisau sepanjang 15 sentimeter dan sebuah pisau dorong sepanjang lima sentimeter di tali ranselnya.

Soto ditangkap dan dimasukkan ke penjara Pinellas County sekitar pukul 13.45 dan dibebaskan pada Senin malam setelah membayarkan uang jaminan sebesar 500 dollar AS (sekitar Rp 7,2 juta).

Diketahui kemudian bahwa distrik sekolah Pinellas County memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak mengajar Soto untuk tahun ajaran mendatang.

Namun tidak diketahui apakah Soto telah mengetahui hal itu dan apakah ada keterkaitan antara keputusan itu dengan temuan senjata di dalam tas guru tersebut.

Baca juga: Pistol yang Diyakini Dipakai Van Gogh untuk Bunuh Diri Akan Dilelang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com