Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Pasta Gigi dalam Tabung Diperkenalkan

Kompas.com - 22/05/2019, 15:42 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gosok gigi merupakan aktivitas sehari-hari yang kita lakukan paling tidak pagi dan malam hari. Kesadaran akan kerusakan gigi dan penyakit gigi menyebabkan kita rutin gosok gigi.

Penggunaan pasta gigi juga penting, sesuai dengan kondisi dan sensitivitas gigi masing-masing orang.

Jika dilihat secara saksama, wadah pasta gigi yang digunakan selalu sama, yaitu bentuk tabung atau tube. Kesamaan bentuk dan fungsi pasta gigi itu merupakan buah karya dari seorang penemu sekaligus dokter gigi asal Amerika Serikat bernama Washington Sheffield.

Sheffield berhasil mengembangkan wadah atau tabung pasta gigi tepat hari ini 127 tahun yang lalu, tepatnya pada 22 Mei 1893.

Wadah atau tabung itu kemudian dijual bersamaan dengan formula khusus pasta gigi buatan perusahaan milik Sheffield.

Berbekal pengalaman dalam bidang kedokteran gigi, dia mampu meramu pasta gigi yang dikenal dengan nama "Dr Sheffield’s Creme Dentifrice".

Penggunaan tabung pasta gigi ini menandai cara menggosok gigi yang lebih ringkas yang cepat. Seseorang juga menilai ini lebih praktis daripada wadah pasta gigi sebelumnya.

Berawal dari Amerika Serikat, penggunaan wadah atau tabung itu kemudian bisa menyebar ke berbagai negara di dunia.

Baca juga: 8 April 1879, Saat Susu Dijual dalam Botol untuk Kali Pertama..

Awal pengembangan

drg Washington Sheffield Public Domain via Wikipedia.org drg Washington Sheffield
Washington Wentworth Sheffield lahir di North Stonington, Connecticut, AS. Setelah lulus dari sekolah kedokteran gigi, ia bekerja dan mengabdikan ilmunya di New London dan pindah ke New York.

Ia akhirnya memutuskan kembali ke New London dan fokus terhadap perawatan gigi beserta bedah gigi. Di awal praktik dokter gigi dr Sheffield, ia merumuskan obat kumur yang ia gunakan selama bertahun-tahun pada pasiennya.

Cara ini dianggap manjur untuk membantu kesadaran seseorang mengenai kesehatan gigi. Pada 1860-an, dia bersama dengan rekannya membuat perusahaan Sheffield Dentifrice Company.

Perusahaan ini mengembangkan dan membuat obat kumur untuk kesehatan gigi. Perusahan menjual obat kumur tersebut dengan nama "Balsem Elixir Sheffield". Berawal dari obat kumur, perusahaan itu juga fokus terhadap pengembangan pasta gigi pertamanya.

Sebelumnya, mereka membagikan sampel pasta gigi dengan tambahan ekstrak mint untuk memberikan sensasi gosok gigi yang lebih nyaman. Sampel itu diterima dengan baik dan antusiasme mulai muncul untuk meproduksi pasta gigi ini.

Sheffield Dentifrice Company akhirnya membuat dan mengembangkan pasta gigi tersebut dan mulai menjualnya ke publik. Penjualan ini sama seperti yang lainnya, yakni menggunakan kemasan dalam botol.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Kali Pertama Coca-Cola Dijual dalam Botol

Era baru

wadah atau tabung pasta gigi pertamaconnecticuthistory wadah atau tabung pasta gigi pertama

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com