Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita di India Pakai Kotoran Sapi untuk Lindungi Mobilnya dari Udara Panas

Kompas.com - 22/05/2019, 15:04 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

AHMEDABAD, KOMPAS.com - Udara panas tengah menerjang sejumlah kawasan di India, salah satunya di kota Ahmedabad dengan suhu udara di siang hari dapat mencapai 45 derajat celsius.

Suhu panas ini dapat merusak barang-barang elektronik dan juga mobil yang akan terpapar sinar matahari langsung jika diparkir di luar ruangan.

Namun seorang wanita di India ini memiliki cara tersendiri untuk melindungi mobil sedan kesayangannya dari hawa panas, yakni dengan memanfaatkan kotoran sapi.

Dilansir The Indian Express, foto yang menampilkan sebuah mobil yang tertutup kotoran sapi menjadi viral setelah diunggah pertama kali di Facebook.

Pemilik akun Facebook Rupesh Gauranga Das membagikan foto sebuah mobil yang telah dilapisi menggunakan kotoran sapi.

Baca juga: Dikubur Hidup-hidup di Kotoran Sapi, Perempuan di India Tewas

"Cara terbaik yang pernah saya lihat dalam memanfaatkan kotoran sapi," tulis pengguna Facebook tersebut.

"Demi melawan suhu panas hingga 45 derajat dan melindungi mobilnya, Nona Sejal Shah telah melapisi mobilnya menggunakan kotoran sapi," lanjut postingan tersebut.

Dituliskan bahwa mobil itu difoto saat berada di kota Ahmedabad, India barat. Foto itu pun dengan cepat tersebar dan menjadi viral.

Sebagian wilayah di India dalam beberapa hari terakhir tengah diterpa cuaca panas dengan suhu udara dapat mencapai di atas 40 derajat celsius.

Pemerintah setempat pun telah menyarankan kepada warga untuk membatasi aktivitas di luar ruang antara pukul 10.30 pagi hingga 15.00 sore waktu setempat.

Terkait penggunaan kotoran sapi di India, telah sejak lama dimanfaatkan oleh penduduk di pedesaan, terutama untuk melapisi tembok dan lantai rumah.

Hal tersebut diyakini akan membantu suhu udara di dalam rumah tetap sejuk saat cuaca panas dan hangat saat cuaca dingin.

Kotoran sapi yang digunakan untuk pelapis biasanya telah dicampur dengan jerami untuk kemudian dibiarkan kering oleh sinar matahari.

Kotoran sapi dapat diperoleh dengan mudah di India, dengan masyarakatnya, yang mayoritas menganut agama Hindu, menganggap sapi sebagai hewan suci dan kerap dibiarkan berkeliaran di luar ruangan.

Baca juga: Pria Ini Mengaku Curi Mobil Jenazah karena Mabuk Jamur Kotoran Sapi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com