Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Meksiko Bakal Lelang Mobil Mewah yang Disita dari Penjahat

Kompas.com - 22/05/2019, 06:40 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Pemerintah Meksiko mengumumkan, Selasa (21/5/2019), rencana untuk melelang sejumlah mobil mewah hasil sitaan polisi dari para penjahat.

Sebanyak 82 unit kendaraan, termasuk mobil mewah Lamborghini Murcielago, tiga Porsche, serta lusinan truk lapis baja akan dijual kepada penawar tertinggi dan hasilnya akan diinvestasikan untuk komunitas miskin.

Pemerintah Meksiko kini tengah menggalakkan penghematan sejak dipimpin Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, yang resmi menjabat mulai Desember tahun lalu.

Sejumlah langkah penghematan dan menambah pendapatan negara telah dimulai pemerintahan AMLO, julukan presiden Meksiko, mulai dari penghapusan pengawal presiden, penjualan pesawat kepresidenan, hingga memangkas gaji pejabat.

Baca juga: Meksiko Bantah Tawarkan Suaka kepada Presiden Venezuela Maduro

Disampaikan Presiden Lopez Obrador, lelang akan dilakukan pada Minggu (26/5/2019) mendatang di bekas rumah dinas presiden, Los Pinos, yang telah diubah fungsi menjadi pusat kebudayaan.

Pelaksanaan lelang akan diatur oleh "Institut untuk Mengembalikan Apa yang Telah Dirampok kepada Rakyat", sebuah lembaga pemerintah yang baru dibentuk.

"Segala sesuatu yang disita (dari penjahat) sekarang akan kembali diberikan kepada masyarakat, terutama masyarakat miskin," kata Lopez Obrador dalam konferensi pers, Selasa (21/5/2019).

Disampaikan Ricardo Rodriguez, pemimpin lembaga baru pemerintah Meksiko itu, misi dan tujuan pembentukan lembaganya adalah untuk membatalkan apa yang disebut "efek Robin Hood terbalik" di Meksiko.

Para penjahat di Meksiko disebut kerap memeras, merampok, dan mencuri dari rakyat untuk kepentingan sekelompok orang kaya, termasuk pejabat korup.

Para pelaku kriminal juga diketahui kerap menggunakan barang mewah hasil rampasan dari rakyat itu untuk menyogok agar dapat bebas dari hukuman.

"Mereka merampok dari rakyat miskin dan memberikannya kepada koruptor. Tapi tidak lagi. Sekarang instruksi (presiden) adalah mengembalikannya kepada rakyat, pemilik sah sumber daya ini," ujar Rodriguez.

Baca juga: Penembakan di Alun-alun Meksiko, Dua Pemimpin Serikat Buruh Tewas

Dikatakannya, nilai total dari penawaran awal untuk puluhan kendaraan yang akan dilelang itu mencapai sekitar 28 juta peso (sekitar Rp 21 miliar).

"Tapi kami berharap penawaran terakhir akan dapat lebih tinggi lagi," kata dia.

Selain kendaraan mewah, sejumlah properti dan perhiasan yang disita dari penjahat dan politisi korup, juga direncanakan akan dilelang dalam kesempatan terpisah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com