Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istana Filipina: Dirumorkan Masuk Rumah Sakit, Duterte Tertawa

Kompas.com - 21/05/2019, 19:16 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MANILA, KOMPAS.com - Istana Malacanang Filipina menuturkan Presiden Rodrigo Duterte tidak memedulikan dirinya dirumorkan sempat dilarikan ke rumah sakit.

Juru bicara kepresidenan Salvador Panelo mengaku dia berbicara dengan presiden 74 tahun itu Minggu (19/5/2019), dan menyatakan suaranya masihlah "keras" dan "tegas".

Baca juga: Duterte Dirumorkan Dilarikan ke Rumah Sakit karena Alami Gagal Jantung

Diwartakan Philippines Star Selasa (21/5/2019), Panelo menuturkan presiden yang akrab disapa Digong itu tengah menandatangani berkas-berkas di Bahay Pagbabago.

"Saya meneleponnya kemarin. Suaranya masih kuat. Bahkan, dia tertawa dengan rumor yang dia dengar," kata Panelo ketika awak media mencecernya mengenai kondisi Duterte.

Bahay Pagbabago merupakan kediaman resmi mantan Wali Kota Davao itu yang terletak di kompleks Istana Malacanang.

Panelo melanjutkan, Duterte sama sekali tidak membahas tentang kondisi kesehatan. Namun dari suaranya, Panelo meyakini Duterte dalam kondisi sehat.

Ketidakhadiran presiden yang berkuasa sejak 2016 dalam berbagai kegiatan publik selama beberapa hari terakhir memunculkan spekulasi mengenai kesehatannya.

Minggu kemarin, sebuah rumor beredar di mana Duterte sempat dilarikan ke Rumah Sakit Cardinal Santos di San Juan karena mengalami gagal jantung.

Malacanang melalui Panelo pun merilis pernyataan yang isinya tidak membantah maupun membenarkan ketika ditanyakan apakah Duterte memang ke rumah sakit.

Panelo hanya terdiam ketika para jurnalis menanyakan apakah mungkin Duterte melakukan pemeriksaan medis akhir pekan lalu. "Saya tidak tahu. Kami belum membahasnya," tuturnya.

Saat ditanyakan mengapa Duterte memilih untuk tidak membantah rumor tersebut, Panelo menjawab Duterte tak memedulikannya. Dia menuturkan Duterte tak terkena apa-apa.

"Dengan kata lain, dia tidak terlalu menganggap penting jika dia menjadi pusat rumor tersebut," lanjut Panelo kembali.

Baca juga: Masuk Daftar Musuh Duterte, Atlet Angkat Besi Filipina Ketakutan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com