Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Polandia, Seorang Wanita Lahirkan Bayi Kembar Enam

Kompas.com - 21/05/2019, 05:39 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WARSAWA, KOMPAS.com - Seorang wanita di Polandia telah melahirkan bayi sextuplet alias kembar enam, Senin (20/5/2019). Itu menjadi kelahiran kembar enam pertama di Polandia.

Keenam bayi itu, empat di antaranya perempuan, dilahirkan melalui operasi sesar di Rumah Sakit Universitas di Krakow, Polandia selatan.

Ibu bayi-bayi itu, yang belum diungkapkan identitasnya, serta keenam bayinya, kini dalam kondisi baik. Ibu itu, yang berusia 29 tahun, mengandung selama 29 minggu.

Juru bicara rumah sakit, Maria Wlodkowska, mengatakan, bayi-bayi itu lahir dengan berat mulai dari 890 gram hingga 1,3 kilogram. Saat ini bayi-bayi itu masih ditempatkan dalam inkubator.

Baca juga: Terjerat Utang, Suami Istri di China Jual Bayi Kembar Mereka

Menurut profesor rumah sakit univertias, Ryzszard Lauterbach, kelahiran sextuplets atau kembar enam sangat jarang terjadi dan memiliki risiko kehamilan yang tinggi.

Karenanya, tidak mengherankan jika kelahiran bayi kembar enam pertama di Polandia itu mendapat sambutan hangat dan meriah dari warga biasa hingga Presiden Polandia Andrzej Duda, yang turut memberi ucapan selamat.

"Ini menjadi kelahiran sextuplets pertama di Polandia dan salah satu dari yang sedikit di dunia," kata Profesor Lauterbach dikutip kantor berita PAP.

Bagi ibu bayi, kehamilan kembar enam itu menjadi kehamilan keduanya, setelah dua tahun sebelumnya dia melahirkan seorang anak laki-laki.

Hanya ada satu dari hampir lima miliar kehamilan yang mengarah pada kembar enam. Pada kasus kehamilan kali ini pun dokter awalnya hanya mengira akan ada lima bayi.

"Kami mempersiapkan lima tim dengan lima inkubator yang menunggu kelahiran, tetapi kemudian ada satu bayi lagi, perempuan, yang muncul," kata Lauterbach kepada TVN24.

Tak hanya kedua orangtua dan keluarganya, banyak orang yang turut berbahagia dengan kelahiran kembar enam tersebut, tidak terkecuali presiden Polandia.

President Andrzej Duda menyampaikan ucapan selamat melalui akun Twitter miliknya, kepada orangtua dan juga para dokter yang telah membuat kelahiran itu terjadi.

Baca juga: Dua Bayi Kembar di China Punya Ayah Biologis Berbeda, Kok Bisa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com