Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

F-16 Tabrak Gudang di California, Pilot Berhasil Selamat

Kompas.com - 17/05/2019, 15:17 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber CNN,NDTV

RIVERSIDE COUNTY, KOMPAS.com - Sebuah jet tempur F-16 yang sedang menjalani misi latihan rutin menabrak sebuah gudang tepat di luar pangkalan udara di California Selatan, Kamis (16/5/2019).

Pilot jet tempur berhasil menyelamatkan diri menggunakan kursi pelontar tepat sebelum pesawat menabrak dinding gudang. Tidak ada orang di darat yang terluka meski atap gedung sampai berlubang akibat insiden.

"Pilot dilaporkan telah dibawa ke rumah sakit setempat untuk evaluasi," kata pejabat dari Angkatan Udara Cadangan AS, melalui rilis yang disampaikan Kamis malam.

Baca juga: Jet Tempur F-16 Belanda Tertembak Pelurunya Sendiri

Pesawat tempur yang nahas tersebut merupakan bagian dari Satuan Tempur Udara ke-114 yang ditempatkan di Souix Falls, Dakota Selatan dan sedang menjalani misi pelatihan untuk Komando Pertahanan Angkasa Amerika Utara (NORAD) di pangkalan udara cadangan March Air Reserve Base, California Selatan.

Surat kabar Los Angeles Times mengutip seorang pejabat dari unit pemadam kebakaran melaporkan bahwa kecelakaan itu sempat memicu kebakaran kecil.

Sebuah foto yang diunggah stasiun televisi lokal KCAL-TV memperlihatkan lubang besar pada bagian atap bangunan gudang berwarna abu-abu.

"Pesawat tempur telah jatuh sekitar pukul 03.30 dini hari Waktu Pasifik dan menabrak sebuah gedung yang berada di ujung landasa pacu," kata juru bicara pangkalan Mayor Perry Covington, kepada Reuters.

Sempat beredar kabar bahwa ada korban luka dalam insiden ini akibat tertimpa reruntuhan. Namun kabar tersebut langsung dibantah oleh pejabat pangkalan udara.

Pangkalan udara cadangan March di Riverside County, California, merupakan markas bagi angkatan udara cadangan ke-452. Biasanya ada sekitar 2.000 hingga 6.000 personel tentara cadangan di pangkalan tersebut.

Bangunan gudang yang tertabrak jet tempur F-16 dalam insiden ini diketahui merupakan milik perusahaan See Water, yang menawarkan produk untuk industri komersial, perumahan, utilitas, hingga pengolahan air limbah.

Baca juga: Tak Direstui AS, Kroasia Gagal Beli Jet Tempur F-16 Bekas Israel

CEO perusahaan, Mike Johnson, mengatakan tidak ada karyawannya yang terluka akibat insiden.

"Kami bersyukur semua orang selamat dan dalam keadaan baik-baik saja. Untuk saat ini perhatian utama kami adalah karyawan kami dan keluarga mereka," ujarnya kepada CNN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com