Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes RI Promosikan Indonesia di Hadapan Ratusan Akademisi di Panama

Kompas.com - 17/05/2019, 13:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

CHANGUINOLA, KOMPAS.com - "Tak kenal maka tak sayang". Peribahasa itu disampaikan Duta Besar RI untuk Panama, Marsekal Madya TNI (Purn) Budhy Santoso.

Budhy menyampaikannya sebagai pembuka dalam memperkenalkan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar dunia dengan ribuan dan beragam suku dan budaya di dalamnya.

Pernyataan itu dia ucapkan di hadapan ratusan akademisi baik dari Panama, Kosta Rika, Kolombia, Kuba, Meksiko, Spanyol, dan Venezuela di Changuinola, Provinsi Bocas del Toro, Senin (13/5/2019).

Baca juga: Penghitungan di Panama, Jokowi-Maruf Amin Dapat 69 dari 96 Suara

Saat itu, Budhy menjadi tamu kehormatan dalam IV Congreso Cientifico Internacional Multidisciplinariedad yang diselenggarakan oleh Universidad de Panama.

Budhy mengatakan secara geografi, Panama berada dalam posisi yang menguntungkan karena menghubungkan Samudera Pasifik dan Atlantik, maupun Amerika Utara dan Selatan.

Dia kemudian menghubungkannya dengan menjelaskan Indonesia juga sama seperti Panama. Berada di posisi silang strategis antara Samudera Pasifik dan Hindia serta Australia dan Asia.

"Dengan peranan Kanal yang sangat penting, moto Panama Pro Mundo Beneficio (Bermanfaat bagi Dunia) sangatlah tepat. Kiranya moto itu juga berlaku bagi Indonesia," papar Budhy.

Dubes RI yang juga merangkap di Kosta Rika, Honduras, dan Nikaragua itu juga berbicara mengenai pembangunan manusia Indonesia yang dikemal dengan judul Indonesian Character Building.

Dubes Budhy menitikberatkan presentasinya itu pada empat pilar kebangsaan. Yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kedatangan Budhy bersama pejabat KBRI Panama City lainnya dalam konferensi bertema pembangunan SDM dan pembangunan nasional itu tak hanya mempromosikan Indonesia.

Namun juga bertemu dengan Universidad de Panama kantor regional Bocas del Toro untuk mempererat kerja sama di berbagai bidang. Salah satunya produk bambu.

Berawal dari kunjungan ke Changuinola pada 2018, Budhy melihat banyaknya tanaman bambu yang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat sekitar.

Baca juga: Dubes RI Sebut Pemilu di Inggris dan Irlandia Berjalan Tertib

Dalam pertemuan dengan Direktur Universidad del Panama regional Bocas del Toro Rolando Mora, Budhy mengusulkan pelatihan pemberdayaan bambu bagi warga Changuinola.

Usulan tersebut langsung mendapat sambutan positif dari Mora yang juga dikenal aktif melakukan kegiatan sosial bersama masyarakat sekitar.

Selanjutnya KBRI Panama City bersama salah satu institusi budaya di Indonesia bakal memberi pelatihan bagi warga Changuinola pada Juli mendatang.

Bertempat di kantor Universidad del Panama cabang Bocas del Toro, pelatihan itu bakal memberi nilai ekonomis bagi bambu yang banyak ditemukan di sana.

Rencanya juga bakal diperkenalkan sejumlah budaya Indonesia yang berkaitan dengan bambu. Seperti alat musik bambu, hingga masakan yang menggunakan bahan bambu.

Baca juga: Mahendra Siregar Ditunjuk Jadi Dubes RI Ke-19 untuk AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com