Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Diketahui tentang Cacar Monyet...

Kompas.com - 17/05/2019, 11:36 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sepekan terakhir, Singapura tengah menghadapi wabah virus zoonosis langka yang ditularkan ke manusia melalui hewan. Virus itu menyebabkan gangguan kesehatan itu dikenal sebagai cacar monyet atau monkeypox (MPX).

Pembawa virus ini ke Singapura diketahui adalah seorang turis asal Nigeria yang datang ke Negeri Singa itu pada 28 April lalu. Dia terbukti mengidap virus ini pada 8 Mei 2019.

Virus ini banyak ditemukan di negara-negara Afrika Barat dan Afrika Tengah, ditularkan ke manusia melalui hewan-hewan pengerat.

Meskipun dipastikan belum merambah dan menyebar di Indonesia, namun tidak ada salahnya kita memahami apa yang disebut dengan cacar monyet ini.

Berikut 4 hal yang harus Anda tahu tentang virus cacar monyet:

Penularan

Di wilayah persebaran aslinya, virus ini berasal dari hewan-hewan pengerat seperti tikus, dan bisa menular  kepada manusia.

Meski begitu, virus ini juga bisa menular antar-manusia melalui interaksi atau kontak dekat dengan sekresi saluran pernapasan enderita, luka pada kulit penderita, atau objek yang telah terkontaminasi cairan tubuh penderita.

Namun, World Health Organization (WHO) menyebut penularan dari manusia ke manusia sangat jarang terjadi atau memiliki kemungkinan yang tipis.

Baca juga: Mengenal Penyakit Cacar Monyet yang Baru Saja Sampai ke Singapura

Reaksi tubuh

Bagi orang yang terjangkit cacar monyet, maka akan terjadi reaksi tertentu pada tubuhnya sebagai akibat virus yang menyerang.

Terdapat dua periode infeksi yang akan terjadi pada orang yang terserang virus ini.

Dalam jangka waktu lima hari pertama, penderita akan merasakan demam, sakit kepala intens, pembengkakan nodus limfa atau limfadenopati, nyeri punggung juga otot, dan kekurangan energi.

Selanjutnya, kulit akan mulai menampakkan reaksinya. Ruam-ruam mulai terlihat dari area wajah dan akhirnya meluas di area tubuh lainnya.

Ilustrasi Cacar MonyetShutterstock.com Ilustrasi Cacar Monyet
Awalnya, ruam hanya berupa bintik merah menyerupai cacar (makulopapula), namun lama-kelamaan bintik itu akan berkembang.

Kulit akan terlihat seperti melepuh dan berisi cairan bening juga nanah, hingga akhirnya mengeras.

Diperlukan waktu sekitar tiga minggu untuk ruam itu benar-benar hilang dan sembuh.

Baca juga: Mengenal Penyakit Cacar Monyet yang Baru Saja Sampai ke Singapura

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com