Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan PM Australia Bob Hawke Meninggal Dunia pada Usia 89 Tahun

Kompas.com - 17/05/2019, 09:45 WIB
Veronika Yasinta

Editor

SYDNEY, KOMPAS.com - Mantan Perdana Menteri Australia Bob Hawke meninggal dunia pada usia 89 tahun. Bob Hawke menjabat sebagai perdana Menteri Australia dan partai Buruh dari 1983 hingga 1991.

Dikenal sebagai seorang konsiliator yang hebat, Hawke selama menjabat sebagai PM seperti memodernisasi ekonomi Australia dan mengintegrasikannya ke dalam komunitas global, membangun skema subsidi kesehatan Medicare, dan memperjuangkan masalah lingkungan.

Dia juga tercatat pernah memenangkan empat kali pemilihan umum federal, pencapaian yang menempatkannya sebagai perdana menteri paling lama menjabat di Partai Buruh.

Baca juga: Pj Wali Kota Makassar Hadiri Diskusi Peternakan Australia

Dia juga menjadi perdana menteri terlama yang menjabat ketiga di Australia setelah Robert Menzies dan John Howard.

Bob Hawke meninggalkan seorang istri, penulis biografi Blanche d'Alpuget, dan tiga orang anaknya bernama Susan, Stephen dan Rosslyn.

D'Alpuget merilis pernyataan yang mengatakan suaminya meninggal dunia dengan tenang di rumah.

Keluarga akan menyelenggarakan upacara pemakaman pribadi menjelang upacara penghormatan di Sydney dalam beberapa pekan ke depan

"Bob sangat dicintai oleh keluarganya, dan begitu banyak teman dan kolega," bunyi pernyataan itu.

Pemimpin yang menyatukan

Pemimpin Partai Buruh saat ini, Bill Shorten, dalam cuitannya menyebut Bob Hawke adalah putra terbesar dari gerakan buruh.

"Warga Australia di mana saja akan mengenang dan menghormati seorang pria yang telah memberi begitu banyak kepada negara dan orang-orang yang sangat dia sayangi," katanya.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengirim ucapan belasungkawa kepada keluarga.

"Bob Hawke adalah orang warga Australia hebat yang memimpin dan melayani negara kami dengan semangat, keberanian, dan intelektual berdaya tinggi sehingga membuat negara kami lebih kuat," kicaunya di Twitter.

"Dia memiliki kemampuan unik untuk berbicara dengan semua lapisan warga Australia," lanjutnya.

Berakhirnya "kemitraan luar biasa"

Warisan kepemimpinan Bob Hawke terkait erat dengan saingan politiknya yang terkenal Paul Keating, yang mengambil alih jabatan sebagai perdana menteri dan pemimpin Partai Buruh 1991.

Paul Keating mengatakan, keduanya sangat menikmati kemitraan yang hebat.

Baca juga: Beli Obat Kumur di Australia Utara Nantinya Butuh Kartu Identitas?

"Dia memahamiimajinasi adalah pusat dari pembuatan kebijakan dan dia tidak pernah kekurangan keberanian untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan guna mengubah imajinasi itu menjadi kenyataan," ujarnya.

Hawke disebut sakit sehingga menghadiri peluncuran kampanye pemilihan Partai Buruh pada awal bulan ini.

"Bob, tentu saja, berharap Partai Buruh akan memenangkan Pemilu Federal pada akhir pekan ini. Teman-temannya juga, berharap dia akan menyaksikan kemenangan tersebut," tulis Keating.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com