Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mabuk, Pria Ini Muntahkan Tumor Sebelum Ditelan Lagi

Kompas.com - 16/05/2019, 12:42 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang kakek baru-baru ini menjadi tajuk perbincangan di China setelah dilaporkan memuntahkan sebuah tumor ketika berada dalam kondisi mabuk.

Pria berusia 63 tahun dari Hunchun County, Provinsi Hubei, dilaporkan sudah merasa tidak nyaman dengan tenggorokannya. Namun karena tidak mengalami masalah dalam menelan, dia membiarkannya.

Baca juga: Rido, Bocah 2 Tahun Penderita Tumor Ganas Akan Dibawa ke Jakarta

Namun seperti diwartakan Oddity Central pekan ini, pria yang tak disebutkan identitasnya itu kembali merasa tidak nyaman ketika sedang minum-minum.

Pria berusia 63 tahun itu merasa mual dan bersiap untuk muntah ketika merasakan sakit yang luar biasa di tenggorokan bagian bawah dan disertai munculnya gempulan daging.

Munculnya gumpalan daging itu jelas sesuatu yang aneh. Namun pria itu dilaporkan sangat kaget sehingga memutuskan mengambil segelas air dan menelannya kembali.

Untungnya selepas kejadian yang aneh tersebut, si pria segera memeriksakan diri di Rumah Sakit Wuhan. Dokter melakukan pemeriksaan endoskopis setelah mendengarkan ceritanya.

Hasilnya, para dokter rumah sakit menyatakan gumpalan daging misterius yang dimuntahkan pria tersebut adalah tumor yang tumbuh di kerongkongannya.

Pria itu juga bercerita bahwa dia merasa ada "lidah panjang yang bercabang" ketika memuntahkan tumor itu. Dari pemeriksaan, diketahui tumor itu sepanjang 15 cm.

Diputuskan pria itu harus menjalani operasi untuk mengangkat tumor yang diidentifikasi sebagai fibroma untuk mencegah adanya komplikasi lebih lanjut.

Pakar di China menyatakan, fibroma bisa tumbuh di beberapa organ dan tergolong jinak. Meski begitu keberadaannya bisa menimbulkan adanya masalah kesehatan.

Dalam kasus pria itu, jika dibiarkan terus tumbuh di kerongkongan, si pria bisa mengalami kesulitan untuk menelan.

Baca juga: 2 Pemuda Mabuk Jatuh dari Lantai 4 Pasar Kliwon Kudus, 1 Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com