Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Laba-laba Bikin Sarang di Telinga Seorang Pria di China

Kompas.com - 15/05/2019, 14:21 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

YANGZHOU, KOMPAS.com - Seorang pria asal provinsi Jiangshu, China memeriksakan diri ke dokter setelah dia mengeluhkan rasa gatal dan sensasi seperti ada yang merangkak di dalam telinganya.

Dokter Zhang Pan dari Rumah Sakit Afiliasi Universitas Yangzhou yang memeriksa pria tersebut mengungkapkan kasus tak biasa yang ditemukannya.

"Saat pertama kali memeriksanya dengan mata telanjang saya tidak menemukan adanya sesuatu yang salah pada telinga pasien," kata dr Pan kepada News18.com.

"Tetapi setelah saya memeriksa menggunakan endoskop, saya menemukan hal yang tidak biasa di dalam telinganya.

Baca juga: Ketika Racun Laba-laba Mematikan Jadi Penyelamat Nyawa Penderita Stroke

"Saya melihat ada seekor laba-laba kecil di dalamnya. Serangga itu sedang membuat jaring di dalam telinga pasien dan telah menutupi sebagian rongga telinga," lanjut dr Pan, dikutip The Independent.

Setelah mengetahui masalah yang dialami pasien, dokter berusaha mengeluarkan laba-laba itu dari dalam telinga pasien menggunakan pinset, tetapi makhluk kecil itu selalu menghindar.

Dokter akhirnya menggunakan cara lain, yakni dengan meneteskan larutan garam di dalam saluran telinga pasien, sehingga akan memaksa serangga itu keluar.

Dokter Pan merekam proses ekstraksi laba-laba itu dan dalam rekaman dapat terlihat bagaimana serangga itu mulai berlari menghindari aliran larutan garam yang mulai memenuhi saluran telinga pasien.

Tak butuh waktu lama sampai akhirnya serangga berkaki delapan itu merangkak keluar dari dalam telinga pasien.

Dokter Pan, yang merupakan spesialis THT (telinga, hidung, tenggorokan) itu mengatakan, seandainya pasien terlambat memeriksakan dirinya, bukan tidak mungkin akan terjadi kerusakan pada saluran telinganya.

Dia pun menyarankan kepada siapa pun yang merasa ada sesuatu yang salah pada telinga mereka, seperti kemasukan serangga atau benda asing, untuk segera mencari pertolongan medis.

Baca juga: Dokter di Taiwan Keluarkan 4 Ekor Lebah dari Mata Seorang Perempuan

Kasus serangga yang masuk dan hidup di dalam tubuh manusia bukan baru kali ini terjadi. Bulan lalu, seorang dokter di Taiwan telah berhasil mengeluarkan empat ekor lebah hidup dari bawah kelopak mata seorang pasien wanita.

Pasien tidak menyadari adanya serangga sangat kecil yang masuk ke dalam matanya saat sedang membersihkan rumput liar di halaman. Dia merasa ada sesuatu yang masuk ke matanya dan membuatnya kelilipan, namun dia tidak menyangka jika itu adalah lebah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com