Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Unik Berbentuk Kastel dengan Jembatan Gantung Dijual Rp 3,75 Miliar

Kompas.com - 11/05/2019, 03:49 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah rumah berbentuk kastel dengan empat kamar tidur unik yang berlokasi di Selandia Baru, menarik perhatian masyarakat. Bukan cuma karena bentuknya, namun karena rumah itu dipasarkan dengan harga 395.000 dollar Selandia Baru atau sekitar Rp 3,75 miliar.

Namun, dilansir dari The Guardian, rumah yang dikenal dengan sebutan Kastel Glatisaunt ini tak berasal dari abad pertengahan layaknya kastel klasik di Eropa. Kastel Glatisaunt ini dibangun pada 1970-an dan berisi banyak properti unik bernuansa abad pertengahan.

Dekorasi unik kastel itu antara lain baju zirah lengkap dengan pelindung rantai atau chainmail, pedang, serta perisai. Dekorasi itu juga bagian dari total harga penjualan kastel.

Kastel ini terletak di pinggiran Kota Wellington, Selandia Baru. Di lingkungan kastel, ada semak-semak yang lebat yang mengelilingi kastel. Ada juga jembatan gantung, parit, menara, benteng, dan ruang rahasia yang bisa dimasuki melalui pintu rahasia di lemari.

"Dilihat dari tingkat keminatannya, tampaknya beberapa orang ingin tinggal di kastel, atau mereka memiliki mimpi untuk tinggal di kastel dan tidak memiliki sarana untuk mewujudkannya," ujar agen pemasaran dari lembaga Lowe and Co Realty, Mike Robbers.

"Ini adalah kastel pertama yang saya jual, saya tidak mengira ada banyak kastel di sekitar sini," ujar Robbers.

Baca juga: 7.400 Orang Kumpulkan Uang Selamatkan Kastil Tua di Perancis

Salah satu sudut Kastel Glatisaunt di Wellington, Selandia BaruLowe & Co Realty via The Guardian Salah satu sudut Kastel Glatisaunt di Wellington, Selandia Baru
Robbers juga menuliskan penjualan kastel ini di situs lelang lokal, TradeMe. Halaman ini telah dikunjungi sebanyak 30.000 kali dalam empat hari.

Adapun unggahan untuk mempromosikan rumah itu seperti memainkan sisi eksentrik rumah tersebut. Misalnya, mengiklankan properti sebagai dek besar yang sempurna untuk menerbangkan naga, tempat yang luar biasa untuk mengawasi kerajaan Anda, dan juga garasi untuk dua muatan kereta.

"Namun, ada beberapa bagian yang membutuhkan perbaikan," ujar Robbers.

Barang-barang dalam kastil yang termasuk dalam penjualan kastil di Selandia Baru.Lowe & Co Realty Barang-barang dalam kastil yang termasuk dalam penjualan kastil di Selandia Baru.
Meski kastel ini tidak memiliki ruang persegi yang sangat lapang dan beberapa fasilitas yang unik, Robbers mengungkapkan bahwa rumah itu berfungsi dengan baik sebagai tempat tinggal keluarga dan sepenuhnya praktis.

"Melihat ramainya serial film Game of Thrones saat ini, seluruh tema gothik pun menjadi tren. Saya kira itu akan menjadi produk unik yang diminati kelompok orang 'terbatas' ini," kata Robbers.

Beberapa orang yang mengaku berminat pada properti ini, seperti seniman dan orang-orang kreatif, "tukang renovasi" yang berpengalaman, serta calon pembeli yang berminat untuk menyewakan rumah itu di Airbnb.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com