Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar Utang Perusahaan, Traktor dan Truk Milik Mugabe Bakal Dilelang

Kompas.com - 10/05/2019, 15:56 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

HARARE, KOMPAS.com - Sejumlah traktor, truk pick-up, serta peralatan pertanian dari perusahaan peternakan sapi perah milik mantan presiden Zimbabwe Robert Mugabe, bakal dilelang.

Hasil lelang tersebut akan digunakan untuk melunasi utang perusahaan, setelah produksi dan penjualan yang terus menurun.

Pelelangan akan dilakukan pada Sabtu (11/5/2019) mendatang, demikian disampaikan juru lelang, Kamis (9/5/2019).

Mugabe yang pernah memerintah Zimbabwe selama 37 tahun memiliki sejumlah pertanian, meski peraturan negara yang berlaku di Zimbabwe telah membatasi setiap individu hanya memiliki satu pertanian.

Mugabe dan istrinya, Grace, dituduh telah mengusir petani kecil dari tanah pertanian mereka untuk mendirikan perusahaan perkebunan Gushungo Dairy di tanah di Mazowe, di luar Harare, ketika pasangan itu membangun bisnis pertanian yang menguntungkan.

Baca juga: Impor Ribuan Wig untuk Para Hakim, Pemerintah Zimbabwe Dikecam

Namun diberitakan surat kabar NewsDay, yang mengutip seorang eksekutif penjualan di perusahaan pertanian itu mengatakan, hasil penjualan telah semakin menurun dan operasional perusahaan saat ini hanya 58 persen dari total kapasitasnya.

Penurunan penjualan dikaitkan dengan memburuknya perekonomian Zimbabwe yang memaksa penduduk untuk mengurangi pembelian.

Dilansir AFP, sejumlah aset perusahaan yang dilelang tersebut di antaranya adalah empat truk pick-up Toyota Hilux, tiga unit truk Scania, dan limosin Mercedes Benz C-class.

Kemudian ada juga traktor Massey Ferguson, 13 unit sepeda motor dan sejumlah peralatan pertanian, termasuk empat alat pemanen. Total lebih dari 40 kendaraan yang akan dilepas oleh perusahaan.

"Seperti yang diinstruksikan oleh klien kami yang paling berharga, kami akan menjual melalui lelang umum untuk kendaraan dan peralatan pertanian dari Gushungo Dairy Farm, pada Sabtu mendatang," kata juru lelang dari rumah lelang Ruby Auctions, dalam pemberitahuan di media untuk mengundang para penawar.

Robert Mugabe telah digulingkan pada 2017 setelah pengambilalihan militer secara singkat dan kini jabatan presiden ditempati mantan wakil dan sekutunya yang pernah diasingkan, Emmerson Mnangagwa.

Bulan lalu diberitakan bahwa Mugabe, yang telah berusia 95 tahun, kini tengah menjalani perawatan di Singapura dan diharapkan untuk dapat kembali ke Zimbabwe pada pertengahan Mei.

Baca juga: Berobat ke Singapura, Mugabe Dikabarkan Sudah Tak Mampu Berjalan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com