Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berenang di Area Terlarang, Seorang Peselancar Tewas Diterkam Hiu

Kompas.com - 10/05/2019, 13:48 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Seorang peselancar dilaporkan tewas setelah dimangsa seekor hiu di Pulau Reunion, sebuah pulau yang dikelola Perancis di Samudera Hindia.

Berdasarkan keterangan media setempat seperti dilaporkan BBC Kamis (9/5/2019), pria berusia akhir 20-an itu berselancar di kota nelayan kecil Saint-Leu.

Baca juga: Tragis, Hiu Putih yang Hamil 14 Bayi Dibunuh dan Dijual Nelayan Taiwan

Dilansir Daily Mirror, berselancar maupun berenang di kawasan itu sangatlah dilarang karena ancaman serangan hiu dalam beberapa tahun terakhir.

Seorang saksi melapor kepada otoritas lokal. Berdasarkan keterangan otoritas itu, si saksi melihat peselancar tersebut menghilang dengan meninggalkan papan selancar.

Media Perancis BFFMTV memberitakan serangan itu terjadi pada Kamis sekitar pukul 16.00 waktu setempat, dan menjadi serangan ke-24 di perairan Reunion sejak 2011.

Situs lokal Clicanoo mewartakan peselancar itu tengah berada tiga temannya. Teman-temannya kemudian mencoba menyelamatkan pria yang tak diketahui identitasnya tersebut.

Namun, upaya mereka tanpa hasil dengan si hiu menarik peselancar tersebut jauh ke dalam air. Tubuhnya kemudian ditemukan tak jauh dari lokasi serangan.

Petugas setempat yang menarik tubuhnya ke pantai menyatakan peselancar itu meninggal dengan hiu tersebut mengoyak kakinya di lokasi yang memang menjadi tempat favorit berselancar.

Saat kejadian, dilaporkan pria itu tidak memakai alat penolak hiu di kakinya. Sementara ketiga temannya selamat karena mengenakannya di bagian pergelangan kaki.

Sebelum kejadian, pemerintah setempat sebenarnya sudah memberikan tanda peringatan agar pengunjung tidak berusaha berenang karena ancaman hiu banteng.

Setelah kejadian tersebut, pemerintah Pulau Reunion menyatakan bakal segera menerapkan peraturan yang lebih ketat untuk memastikan keselamatan pengunjung.

Baca juga: Tonjok Hidung Hiu, Peselancar Inggris Lolos dari Maut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com