Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Tergelincir di Bandara Myanmar, 11 Orang Terluka

Kompas.com - 08/05/2019, 22:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

YANGON, KOMPAS.com - Sebuah pesawat penumpang tergelincir sesaat setelah mendarat di bandara Yangon, Myanmar, Rabu (8/5/2019). Setidaknya 11 orang terluka akibat insiden tersebut.

Dilansir AFP, pesawat milik Biman Bangladesh Airlines gagal mendarat dengan mulus saat cuaca badai melanda kota Yangon di Myanmar. Pesawat pun tergelincir di landasan pacu.

Foto-foto yang beredar di media sosial Facebook menunjukkan kondisi pesawat yang telah tergelincir hingga ke atas rumput di sisi luar landasan.

Fotografer AFP menyaksikan setidaknya ada satu perempuan penumpang yang terluka hingga harus diangkut ke ambulans dengan menggunakan tandu.

Baca juga: Bawa 143 Orang, Pesawat Boeing 737 Tergelincir dan Masuk ke Sungai Saat Mendarat

"Satu pilot, seorang pramugari, dan sembilan penumpang mengalami luka ringan," ujar petugas polisi di bandara internasional Yangon kepada AFP.

Petugas tersebut menambahkan, insiden terjadi saat pesawat mendarat di landasan pacu sekitar pukul 18.50 petang waktu setempat.

"Insiden itu terjadi di dekat Terminal 3 di mana pesawat jatuh ke landasan pacu kargo ketika mendarat. Pesawat mengalami kerusakan pada bagian hidung dan kedua sayap," tambah petugas yang meminta tak disebutkan identitasnya.

Pihak Bandara Internasional Yangon belum memberi konfirmasi maupun keterangan apa pun terkait insiden tersebut. Namun pengumuman yang disampaikan menyebut landasan ditutup karena cuaca buruk dan hujan lebat.

Selama landasan ditutup, penerbangan yang datang dialihkan ke bandara di ibu kota Naypyidaw. Bandara Yangon sudah kembali dibuka sekitar pukul 21.15 waktu setempat.

Dilaporkan pesawat yang tergelincir membawa sebanyak 31 penumpang dari berbagai negara, yakni Bangladesh, Myanmar, Kanada, China, India, Perancis, dan Swiss.

Kecelakaan yang melibatkan maskapai penerbangan sipil relatif jarang terjadi di Myanmar, meski sempat terjadi serangkaian kecelakaan pesawat militer.

Tiga pilot pesawat tempur tewas tahun lalu dalam tiga insiden yang berbeda.

Cuaca buruk juga sempat menyebabkan pesawat militer masuk ke Laut Andaman pada 2017 dengan 122 orang di dalamnya, menjadi salah satu kecelakaan penerbangan paling mematikan dalam sejarah Myanmar.

Baca juga: Pesawat Dabi Air Tergelincir di Puncak Papua

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com