Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Video Ungkap Detik-detik Pesawat Aeroflot Terbakar Begitu Mendarat

Kompas.com - 08/05/2019, 12:32 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC,Euronews

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah video yang beredar di media soaial ungkap detik-detik ketika pesawat Sukhoi Superjet-100 milik maskapai Aeroflot terbakar begitu mendarat.

Pesawat Aeroflot dengan tujuan kota Murmansk itu berbalik dan mendarat kembali di Bandara Sheremetyevo, Moskwa, tak lama setelah lepas landas pada Minggu (5/5/2019).

Dalam video yang dirilis Euronews Selasa (7/5/2019), seorang penumpang mengabdikan momen ketika api berkobar di mesin jet bagian sayap pesawat ketika mendarat darurat.

Baca juga: Otoritas Periksa Kesalahan Pilot dalam Kecelakaan Pesawat Rusia

Sebanyak 41 orang dari total 78 orang penumpang dan kru kabin yang berada di dalam pesawat Aeroflot itu tewas.

Baik kru kabin dan penumpang menuturkan pesawat itu langsung tersambar petir sekitar 20 menit setelah lepas, dan memaksa mereka berputar kembali ke Moskwa.

Kini, penyelidik Rusia mempertimbangkan faktor kelalaian pilot menjadi penyebab pesawat itu terbakar. Sebabnya, pesawat itu mengudara ketika terjadi badai.

Kemudian seperti dikutip BBC, keputusan pilot untuk mendarat darurat dalam kecepatan tinggi dengan pesawat penuh bahan bakar juga dipertanyakan.

Dua kotak hitam dari pesawat dilaporkan telah diamankan, dengan hasil pemeriksaan mengenai penyebab jatuhnya pesawat bakal diketahui beberapa pekan mendatang.

Kementerian Transportasi Rusia menyatakan mereka tidak akan mengandangan Sukhoi Superjet-100. Mereka menjelaskan tidak ada kesalahan dalam desain pesawat.

Namun sejumlah pakar penerbangan mempertanyakan mengapa petir bisa langsung menghancurkan komunikasi pesawat, dengan desain modern seharusnya bisa menahan badai.

Pesawat Sukhoi Superjet-100 yang jatuh itu dilaporkan masih baru, di mana belum mendapat jadwal penerbangan padat dan baru saja menjalani perawatan April lalu.

Insiden pada Minggu merupakan kecelakaan pertama ketika Superjet-100 digunakan dalam penerbangan komersial.

Namun pada 2012, Superjet yang tengah melakukan penerbangan demonstrasi menghantam Gunung Salak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, saat berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Kecelakaan iti menewaskan seluruh peserta penerbangan uji coba yang berjumlah 45 orang. Kelalaian dianggap sebagai biang keladi insiden tersebut.

Baca juga: Pesawat Aeroflot Terbakar Saat Mendarat Darurat, 41 Orang Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,Euronews


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com