Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Perayaan Kemenangan Inggris atas Kekalahan Nazi Jerman

Kompas.com - 08/05/2019, 11:59 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perang akan berhenti ketika salah satu kubu menderita kekalahan dan menyerah, atau adanya perjanjian damai.

Jerman yang semula berjaya ketika Perang Dunia II harus mengakui kekalahannya kepada pasukan Sekutu. Kekuatan yang meredup hingga aksi bunuh diri pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler, menjadi alasan kuat bagi Jerman untuk menandatangani perjanjian kalah perang.

Kondisi ini merupakan kabar gembira bagi pasukan Sekutu yang patut untuk dirayakan. Berita menyerahnya Jerman tak mengejutkan bagi pihak Inggris. Mereka sudah mempersiapkan untuk merayakan kemenangan.

Pada hari ini 74 tahun lalu, tepatnya 8 Mei 1945, Inggris mengawali perayaan yang dikenal sebagai "Victory in Europe Day" atau Hari Kemenangan di Eropa.

Dilansir dari History, kota-kota di Eropa yang sebelumnya berada pada pengawasan Blok Poros yang terdiri dari Jerman-Jepang dan Italia, kini mulai mengeluarkan sikap terkait kekalahan perang.

Radio-radio juga telah mengumumkan akan ada perayaan resmi terkait kemenangan Sekutu atas Jerman.

Setelah bertahun-tahun pembatasan dan dalam ancaman perang, penjatahan makanan dan pakaian, serta pemadaman listrik karena bom, menjadikan masyarakat Inggris tak menunda perayaan kemenangan.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Jepang Menyerah dan Perang Dunia II Berakhir

Sehari sebelumnya, mereka sudah mulai berkampanye di jalan-jalan dan meluapkan kebahagiaan.

Bendera dan spanduk mulai terpasang di pinggiran kota yang isinya luapan kebahagiaan. Mereka menilai kekalahan Nazi adalah awal yang baik bagi kehidupan dan kedamaian.

Tak hanya Inggris saja, Hari Kemenangan ini juga merambah ke Amerika Serikat dan Uni Soviet. Peringatan itu dijadikan hari yang spesial bagi kemenangan Sekutu atas perdamaian dunia.

Perayaan di Inggris

Salah satu perayaan di InggrisHistory Salah satu perayaan di Inggris

Pasukan Jerman di seluruh Eropa akhirnya mulai meletakkan senjata secara resmi, setelah perjanjian dengan Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Soviet dilakukan.

Perjanjian dengan Inggris dilakukan di Luneburg Heath, Jerman. Perjanjian dengan Amerika Serikat dilakukan di Perancis. Sedangkan, Pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin menginginkan upacara tersendiri, oleh karenanya mereka menerima perjanjian pada 8 Mei 1945 di Berlin.

Setelah mendapatkan salinan dari surat perjanjian, pimpinan dari ketiga negara mulai memberikan arahan kepada publik terkait kemenangan Sekutu. Namun mereka bersepakat untuk mengumumkannya pada 9 Mei 1945.

Dilansir dari History.net, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill sebenarnya geram dengan kesepakatan itu. Churcill mulai nekat untuk mengumumkan ke publik menggunakan siaran radio pada 7 Mei 1945 saat malam.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com