Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Berkekuatan 7,2 Guncang Papua Nugini

Kompas.com - 07/05/2019, 13:12 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PORT MORESBY, KOMPAS.com - Gempa besar berkekuatan 7,2 mengguncang Papua Nugini, pada Selasa (7/5/2019), sekitar pukul 07.19 waktu setempat dan menyebabkan aliran listrik terputus.

Menurut Badan Survei Geologi AS (USGS) pusat gempa berada pada kedalaman 127 kilometer dan berada sekitar 30 kilometer dari Kota Bulolo. Getaran gempa dapat dirasakan hingga ibu kota Port Moresby yang berjarak 250 kilometer dari pusat gempa.

Gempa tidak menimbulkan tsunami dan para pejabat tidak langsung menginformasikan adanya laporan kerusakan yang ditimbulkan.

"Kami belum menerima laporan kerusakan serius. Kami masih berupaya menilai situasinya," kata komandan kantor polisi Bulolo, Inspektur Leo Kaikas, kepada AFP.

Baca juga: Tak Tercatat Aktif, Gunung Api di Pulau Kecil Papua Nugini Meletus

Menurut laporan staf Hotel Pine Lodge di Kota Bulolo kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tidak parah dan hanya merusak benda-benda kecil yang berjatuhan dari meja.

Sementara menurut warga di Lae, yang berjarak 100 kilometer dari pusat gempa, getaran gempa merobohkan perabot rumah dan memutus aliran listrik di beberapa daerah.

"Saya baru saja bangun saat merasakan getaran gempa. Getarannya terasa selama lebih dari 30 detik. Beberapa barang di rumah terjatuh dari rak dan aliran listrik terputus," ujar salah seorang warga, Christopher Lam.

"Semua sudah kembali normal. Tidak ada kerusakan struktural di sini, tapi saya tidak yakin dengan bangunan lain di kota," tambahnya.

Diperkirakan ada sekitar 110.000 warga yang tinggal dalam radius jarak 50 kilometer dari pusat gempa.

Sementara Kantor Manajemen Bencana Nasional Papua Nugini yang bermarkas di Port Moresby juga mengatakan belum ada laporan awal kerusakan akibat gempa, diperkirakan masih membutuhkan waktu untuk berita dari zona gempa hingga diterima.

"Kami masih menunggu hasil penilaian kerusakan akibat gempa," kata seorang juru bicara Kantor Manajemen Bencana Nasional Papua Nugini kepada AFP.

Gempa berkekuatan 7,5 sempat melanda wilayah pegunungan di negara itu pada Februari tahun lalu, menyebabkan rumah-rumah penduduk terkubur longsor dan menewaskan hingga 125 orang.

Baca juga: Penjelasan BMKG Terkait Potensi Gempa Bermagnitudo 8,9 di Mentawai

Namun laporan kerusakan akibat gempa baru diterima beberapa hari setelah bencana karena buruknya komunikasi dan infrastruktur di Papua Nugini.

Bencana gempa juga kerap terjadi di negara di timur Indonesia itu, yang berada di jalur Cincin Api Pasifik dan merupakan titik pusat aktivitas seismik karena gesekan antara lempeng tektonik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com