Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Terakhir Upacara Penobatan Raja Thailand Jadi Hari Libur Nasional

Kompas.com - 06/05/2019, 14:14 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Thailand memulai hari ketiga sekaligus terakhir dalam rangkaian upacara penobatan Raja Maha Vajiralongkorn yang berlangsung sejak Sabtu (4/5/2019).

Diberitakan Reuters Senin (6/5/2019) Raja Thailand berusia 66 tahun itu dijadwalkan menemui para diplomat negara lain dan menemui rakyatnya dari balkon kerajaan.

Baca juga: Hari Kedua Penobatan Raja Thailand, Tandu Emas dan Jubah Berlian

Dalam upacara hari kedua Minggu petang (5/5/2019), Raja Vajiralongkorn naik tandu kerajaan dan diarak sejauh tujuh kilometer di kawasan kota tua Bangkok.

DPA via Straits Times memberitakan, parade menuju tiga kuil Buddha itu berlangsung selama tujuh jam dengan 200.000 rakyat yang mengenakan pakaian kuning berdoa bagi sang raja.

Raja Vajiralongkorn diagendakan menyambut rakyatnya pukul 04.30 waktu setempat sebelum bertemu dengan para diplomat asing satu jam berselang dengan Senin dijadikan hari libur nasional.

Dalam dua acara penting itu, Raja Vajiralongkorn bakal didampingi sang permaisuri Ratu Suthida. Meski terdaftar di jadwal resmi, pemerintah Thailand menyatakan Ratu Suthida bakal berada di samping suaminya.

Ratu berusia 40 tahun itu menikah dengan Raja Vajiralongkorn dalam sebuah upacara yang mengikuti tradisi kerajaan namun mengejutkan publik Rabu pekan lalu (1/5/2019).

Berpangkat Jenderal, Ratu Suthida merupakan wakil komandan pasukan pengawal kerajaan dengan Raja Vajiralongkorn sendiri yang menjadi komandannya.

Mantan pramugari Thai Airways, Ratu Suthida sudah dirumorkan mempunyai kisah asmara dengan Raja Vajiralongkorn ketika masih berstatus Putra Mahkota.

Adapun penobatan Raja Vajiralongkorn dilakukan 2,5 tahun setelah sang ayah, Raja Bhumibol Adulyadej, meninggal pada Oktober 2016 setelah bertakhta selama 70 tahun.

Penobatan yang memakan biaya hingga 31 juta dollar AS, sekitar Rp 444,1 miliar, merupakan upacara pertama selama 70 tahun sejak mendiang Raja Bhumibol.

Baca juga: Pakai Mahkota Emas 7,3 Kg, Berapa Biaya Penobatan Raja Thailand?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com