Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Panduan Pendaratan Apollo 11 di Bulan Akan Dilelang

Kompas.com - 06/05/2019, 11:41 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebuah buku panduan terperinci tentang pendaratan di Bulan yang digunakan astronot Neil Armstrong dan Buzz Aldrin saat mendaratkan Apollo 11 pada 1969 akan dilelang.

Dilansir New York Post, proses lelang akan dilakukan pada bulan Juli mendatang dan diperkirakan akan mencapai nilai lelang 9 juta dollar AS atau sekitar Rp 128 miliar. Demikian menurut rumah lelang Christie's, Rabu (1/5/2019) pekan lalu.

Buku panduan pendaratan Apollo 11 setebal 44 halaman itu merinci setiap prosedur yang diperlukan untuk membuka, mendaratkan, dan menghubungkan dengan pusat komando di Columbia, saat Armstrong dan Aldrin menjadi manusia pertama yang berjalan di bulan.

Baca juga: Rayakan Misi Apollo 11, Miliarder Richard Branson Akan Piknik ke Angkasa

"Ini adalah instruksi langkah demi langkah yang mencakup seluruh bagian dari penerbangan Eagle (modul pendaratan Apollo 11 di Bulan). Buku panduan ini mencakup serangkaian instruksi hingga hal-hal mendetail seperti kapan memakai helm dan pesan untuk memeriksa sistem tenaga," kata Christina Geiger, kepala urusan buku dan manuskrip dari rumah lelang Christie's.

Selain mencakup data teknis, buku panduan, yang dibawa ke atas Eagle itu, turut berisi gambar dan hampir 150 tanda centang serta catatan yang ditulis langsung oleh Armstrong dan Aldrin selama proses pendaratan ke Bulan.

Karena tidak adanya rekaman audio maupun video dari apa yang terjadi di dalam kokpit Eagle, buku panduan itu dianggap sebagai saksi unik sejarah ruang angkasa. Buku itu juga menandai tulisan manusia pertama yang dibuat di benda luar angkasa.

"Buku panduan itu sebelumnya dimiliki seorang kolektor pribadi yang membeli langsung buku itu dari Aldrin," kata rumah lelang Christie's.

Benda-benda peninggalan sejarah eksplorasi luar angkasa telah banyak dijual dengan nilai tinggi.

Pada 2017, rumah lelang Sotheby telah menjual tas milik Armstrong yang bercampur debu Bulan senilai 1,8 juta dollar AS (sekitar Rp 25 miliar).

"Semua orang menginginkan sesuatu yang pernah terbang ke angkasa atau ke bulan. Mungkin cukup keren saat menatap Bulan dan berpikir 'Saya punya benda yang pernah berada di sana'," kata Geiger.

Baca juga: Tas Apollo 11 dengan Jejak Debu Bulan Terjual Rp 24 Miliar

Rumah lelang Christie's telah memperkirakan buku panduan tersebut dapat bernilai antara 7 hingga 9 juta dollar AS.

Buku tersebut akan dipamerkan untuk publik di New York pada 3 hingga 17 Mei sebelum dibawa dalam tur global dan akan dilelang pada 18 Juli mendatang.

Buku panduan tersebut menjadi salah satu dari 150 benda yang dilelang dalam rangka peringatan 50 tahun pendaratan di Bulan oleh Apollo 11.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com