Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer India Klaim Temukan Jejak Kaki Yeti, Militer Nepal: Mirip Beruang

Kompas.com - 03/05/2019, 17:59 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

KATHMANDU, KOMPAS.com - Militer Nepal angkat bicara setelah militer India melontarkan klaim mereka telah menemukan jejak kaki makhluk mitologis Yeti di Pegunungan Himalaya.

Pasukan India mengunggah foto di Twitter yang diambil dekat perbatasan Nepal dan China pada Senin malam waktu setempat (29/4/2019) yang menunjukkan "jejak Yeti".

Baca juga: AD India Klaim Temukan Jejak Kaki Yeti di Pegunungan Himalaya

Juru bicara Angkatan Bersenjata Nepal Bigyan Dev Pandey dikutip AFP Jumat (3/5/2019) menyatakan begitu mendengar klaim itu, perwira penghubung langsung menuju lokasi.

Namun saat mereka sudah di tempat yang disebutkan India, Pandey menjelaskan tanda yang muncul di lokasi sudah lenyap. Dia pun mengeluarkan bantahan.

Berdasarkan keterangan lokal, Pandey mengatakan kemungkinan besar beruang merupakan pelaku utamanya. Dan jejak kaki seperti itu dikabarkan sudah sering terlihat.

"Menurut pengakuan penduduk setempat disertai dengan pernyataan petugas kami di sana, jejak itu sudah sering terlihat dan dibuat beruang liar," kata Pandey.

Komentar Pandey mirip dengan keterangan pakar alam liar yang menuturkan bahwa jejak yang dilihat pasukan India adalah jejak beruang terkena sinar matahari dan angin.

Yeti atau "Manusia Salju yang Keji" digambarkan sebagai makhluk mirip kera yang lebih tinggi dari manusia, dan hidup di Himalaya, Siberia, hingga Asia Tengah.

Hasil forensik yang diperoleh dari sampel sebelumnya menunjukkan klaim itu berasal dari beruang prasejarah, atau konon jas gorila dari bahan karet.

Militer India mengungkapkan jejak kaki itu berukuran 81 sentimeter dan ditemukan oleh tim mereka pada 9 April di Kamp Pusat Makalu yang berada di Nepal.

"Untuk pertama kalinya, Tim Pendaki Pasukan India menemukan Jejak Kaki Misterius dari makhluk buas mitologi, Yeti," demikian keterangan pasukan India di Twitter.

Terakhir kali jejak kaki itu tercatat merujuk kepada keterangan penjelajah Inggris bernama Eric Shipton di kawasan barat Gunung Everest 1951 silam.

Baca juga: Klaim Temukan Jejak Yeti, AD India Malah Diledek dan Tak Dipercaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com