Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INFOGRAFIK: Linimasa Kontroversi Julian Assange...

Kompas.com - 03/05/2019, 16:50 WIB
Akbar Bhayu Tamtomo,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengadilan Inggris menjatuhkan vonis penjara 50 pekan kepada pendiri Wikileaks Julian Assange pada Rabu (1/5/2019).

Namun, Julian Assange tidak divonis dengan tuduhan membocorkan dokumen rahasia milik Amerika Serikat melalui Wikileaks. Apalagi, beberapa dokumen di antaranya disebut mengungkap kejahatan yang dilakukan Pemerintah Amerika Serikat.

Assange dihukum penjara atas tuduhan melanggar perintah pengadilan Inggris pada tujuh tahun silam. Saat itu, pria asal Australia itu dianggap menghindari ekstradisi ke Swedia.

Pengadilan Swedia menggugat Assange atas tuduhan kekerasan seksual yang terjadi pada 2010. Untuk menghindari perkara dan ekstradisi, Assange kemudian meminta suaka dan tinggal di Kedutaan Besar Ekuador di London.

Assange mencari perlindungan setelah dia merasa dijadikan "target operasi" AS berupa penangkapan atas aksinya bersama Wikileaks. Padahal, dia mengaku Wikileaks didirikan dengan tujuan transparansi dan kebebasan pers.

Sosok Julian Assange memang menjadi perhatian sejak Wikileaks mengungkap sejumlah dokumen yang dianggap sensitif oleh Pemerintah AS.

Apalagi, Wikileaks membocorkan sejumlah kawat diplomatik yang memperlihatkan sejumlah praktik pelanggaran hak asasi manusia, yang juga dilakukan sejumlah negara.

Seperti apa kiprah Julian Assange? Berikut infografiknya:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Linimasa Kontroversi Julian Assange

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com