Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelajahan Kutub Utara, Ini 5 Fakta Serba Pertama...

Kompas.com - 03/05/2019, 16:30 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah kebanggaan tersendiri bagi seseorang atau suatu kelompok penjelajah apabila bisa menjadi yang pertama mencapai suatu lokasi yang sulit dijangkau.

Namun, hal paling penting adalah bukan hanya menjadi yang pertama. Sebab, misi ekplorasi juga berguna untuk pemetaan wilayah yang belum terjamah orang sama sekali.

Kutub Utara menjadi salah satu tujuan dari misi ini. Beberapa penjelajah mencoba mencapai wilayah tersebut untuk berbagai kepentingan. Berikut empat kisah pencapaian di Kutub Utara:

1. Manusia pertama

Robert  PearyAP Robert Peary

Banyak spekulasi yang berkembang mengenai siapa yang pertama mencapai Kutub Utara. Penjelajah pertama yang tercatat adalah Frederick Albert Cook. Dia mengklaim telah mencapai Kutub Utara pada 21 April 1908 bersama dengan dua orang temannya.

Setelah itu, penjelajah serta Angkatan Laut Amerika bernama Robert Peary juga mengklaim hal yang sama pada 6 April 1909.

Kedua orang ini sempat beradu argumen dan menyampaikan bukti pencapaiannya kepada Kongres AS. Kendala yang dihadapi oleh keduanya adalah tak bisa menunjukkan bukti-bukti yang bisa diterima dengan baik.

Namun, para sejarawan menyepakati bahwa Robert Peary ditetapkan sebagai orang yang pertama mencapai Kutub Utara melalui jalur darat.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Kutub Utara

2. Penerbangan pertama

Pesawat Fokker digunakan oleh Richard Byrd dan Floyd Bennett dalam upaya mereka untuk terbang ke Kutub UtaraBritannica Pesawat Fokker digunakan oleh Richard Byrd dan Floyd Bennett dalam upaya mereka untuk terbang ke Kutub Utara
Penerbangan melintasi Kutub Utara kali pertama dilakukan oleh dua orang militer Amerika Serikat, Richard E Byrd dan Floyd Bennett.

Richard Evelyn Byrd belajar cara terbang ketika bertugas di Angkatan Laut AS. Dia mendapatkan banyak pengalaman untuk menerbangkan pesawat ketika Perang Dunia I.

Byrd terkenal sebagai seorang navigator yang sangat baik. Dia dikerahkan oleh Angkatan Laut menuju Greenland pada tahun 1924 untuk membantu menjelajahi wilayah Arktik melalui udara.

Sementara itu Floyd Bennett merupakan seorang pilot yang berpengalaman dalam Perang Dunia I menemani Richard E Byrd.

Pada 9 Mei 1926, Richard E Byrd dan Floyd Bennett memulai perjalanan itu. Ketika itu Byrd bertindak sebagai navigator pesawat yang akan digunakan.

Mereka mulai terbang dari Spitsbergen, Norwegia menuju Kutub Utara. Selama 15 jam dan 30 menit kemudian, pasangan itu kembali dan mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan misi mereka.

Atas prestasinya, kedua pria tersebut dianugerahi Medali Kehormatan oleh otoritas setempat.

Baca juga: 14 Desember 1911, Roald Amundsen Orang Pertama Mencapai Kutub Selatan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com