Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi AS Selidiki Keterkaitan Penembak Sinagoge dengan Kebakaran Masjid

Kompas.com - 29/04/2019, 12:26 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

POWAY, KOMPAS.com - Pelaku penembakan sinagoge di San Diego, AS, kemungkinan terkait dengan kasus upaya pembakaran sebuah masjid terdekat.

Diwartakan Newsweek, Minggu (28/4/2019), tersangka bernama John Earnest melepaskan tembakan di sinagoge Kongregasi Chabad di Poway pada Sabtu lalu, hingga menewaskan satu orang dan melukai tiga orang lainya.

Dia telah ditangkap dan dihadapkan pada dakwaan pembunuhan tingkat pertama dan percobaan pembunuhan.

Baca juga: Rabi Korban Penembakan Kisahkan Tragedi di Sinagoge

Penyelidik kini mencari apakah Earnest mengunggah surat pada situs web 8chan yang mengklaim upaya pembakaran sebuah gedung pusat Islami Escondido pada 24 Maret lalu.

Escondido terletak sekitar 24 km dari Poway, yang juga bertetangga dengan kota San Marcos, tempat Earnest menempuh kuliah.

Surat yang diunggah sesaat sebelum serangan penembaan itu penuh degan ocehan anti-Semit, rasial, dan rincian spesifik tentang pembakaran masjid.

"Saya membakar sebuah masjid di Escondido dengan bensin seminggu setelah pengorbanan Brenton Tarrant dan mereka (polisi) tidak pernah bisa menemukan saya," demikian bunyi surat itu.

Seperti diketahui Tarrant merupakan pelaku penembakan serangan teror Selandia Baru, yang juga menggunakan situs tersebut.

Laporan USA Today menyebutkan, insiden kebakaran pada masjid Dar-ul-Arqam yang juga dikenal sebagai Islamic Center of Escondido terjadi pada Minggu (24/3/2019), pukul 03.15.

Dalam peristiwa itu, CCTV masjid menangkap gambar seseorang sedang memecagkan kunci gerbang tempat parkir.

Kemudian dia masuk dan menuangkan cairan di dekat pintu samping. Setelah itu, orang itu menyalakan api sehingga membuat masjid terbakar.

Sebanyak 7 orang yang berada di masjid pada saat itu segera memadamkan api dengan tabung pemadam api sebelum petugas pemadam kebakaran tiba.

Baca juga: Pelaku Penembakan Sinagoge AS Puji Teroris Penembak Masjid Selandia Baru

Tidak ada orang yang terluka dalam insiden tersebut. Kini FBI menawarkan 10.000 dollar AS atau sekitar Rp 141,8 juta bagi mereka yang memiliki informasi terkait kebakaran tersebut.

Terkait penembekan sinagoge, Sheriff San Diego County William Gore menyatakan seorang perempuan tewas setelah melemparkan tubuhnya untuk melindungi rabbi yang sedang bertugas.

Sementara dua pria, termasuk rabbi dari Sinagoge Chabad, dan seorang gadis terluka. Mereka saat ini berada dalam kondisi stabil setelah menerima perawatan di rumah sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com