Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Lima Promosikan Bahasa Indonesia ke Siswi Sekolah di Peru

Kompas.com - 26/04/2019, 14:31 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber KBRI Lima

LIMA, KOMPAS.com - KBRI Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Lima, menggelar kelas Bahasa Indonesia di salah satu sekolah lanjutan ternama di Peru, Colegio Juan Alarco de Danmert.

Kegiatan yang dilangsungkan pada Kamis (25/4/2019) itu bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan bahasa Indonesia di Peru.

Diikuti oleh 34 siswi, kegiatan belajar di kelas Bahasa Indonesia tersebut berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 13.00 waktu setempat.

Untuk menghadirkan suasana Indonesia di kelas, kegiatan pembelajaran diawali dengan pemutaran video tentang kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Bali.

Baca juga: Lulusan SMA di Cobbitty Juara Bahasa Indonesia Ekstensi se-New South Wales

Melalui video tersebut, para siswi diperkenalkan dengan aktivitas sehari-hari masyarakat Bali, seperti sembahyang di Pura, mengelola pariwisata, hingga kesenian dan budaya Bali.

Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia tersebut dikemas dalam bentuk diskusi kelompok, selain itu juga dengan menyanyikan lagu-lagu.

Para siswi yang dibagi ke dalam tiga kelompok, masing-masing dengan nama Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi, yang merepresentasikan tiga pulau besar di Indonesia.

Setelah diskusi kelompok, para siswa dari masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan pandangan mereka tentang Indonesia dan mencoba memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia.

Beberapa hal yang disampaikan para siswa di antaranya keindahan alam Indonesia, beragam budaya, keramahtamahan penduduk, iklim di Indonesia, dan bahasa Indonesia.

Para peserta tampak sangat antusias dengan adanya kelas Bahasa Indonesia itu, yang terlihat dari partisipasi aktif siswi dalam memberikan pertanyaan seputar bahasa dan budaya Indonesia selama pembelajaran.

Para siswi peserta kelas Bahasa Indonesia di sekolah lanjutan Colegio Juan Alarco de Danmert, di Lima, Peru, Kamis (25/4/2019).KBRI Lima Para siswi peserta kelas Bahasa Indonesia di sekolah lanjutan Colegio Juan Alarco de Danmert, di Lima, Peru, Kamis (25/4/2019).
Salah satu hal yang menarik perhatian siswi antara lain, adanya beberapa perbedaan alfabet yang digunakan dalam bahasa Indonesia dengan bahasa Spanyol, yang banyak dipakai masyarakat Peru.

"Dengan adanya program kelas Bahasa Indonesia ini diharapkan akan semakin banyak masyarakat Peru yang mengenal Indonesia, mengingat hubungan diplomatik kedua negara telah terjalin sejak tahun 1975," ujar Duta Besar RI Lima, Marina Estella Anway Bey.

Pada kesempatan kelas Bahasa Indonesia itu, para siswi juga berkesempatan untuk mengenal beberapa baju tradisional dari Indonesia, yakni baju tradisional dari masyarakat Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Baca juga: Lagi, 2 Lulusan SMA Raih Nilai Tertinggi Bahasa Indonesia se-New South Wales

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com