Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Perjalanan Keliling Dunia Solo Non-Stop dengan "Yacht"

Kompas.com - 22/04/2019, 12:18 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sambutan luar biasa datang dari masyarakat Fallmouth, Inggris, saat sebuah yacht datang mendekati mereka. Tepuk tangan membahana, teriakan meriah saat yacht itu tiba.

Dari kejauhan, tampak seorang laki-laki dari dalam yacht, ke daratan. Sekelompok awak kapal yang berada di dermaga juga tak tinggal diam menantikan kedatangannya.

Lelaki itu adalah Robin Knox-Johnston, seorang pelaut asal Inggris yang berhasil mengelilingi dunia di atas yacht. Dia berhasil mencatatkan namanya dalam rekor perjalanan solo nonstop mengelilingi dunia pada 50 tahun yang lalu, tepatnya 22 April 1969.

Dilansir dari The Guardian, sekitar sembilan orang memulai perlombaan perjalanan non-stop ini untuk mengelilingi dunia. Namun, hanya Robin Knox-Johnston yang berhasil mencapai garis finish.

Dia memulai perjalanannya dari Inggris melewati sisi barat Afrika dan ke timur melewati Australia. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan melewati Amerika Selatan dan kembali ke titik lokasi awal.

Sekitar 48.280 kilometer telah berhasil dilewatinya dalam waktu 312 hari. Berkat pencapaiannya itulah namanya kian tersohor di Inggris. Kemudian, dia berhak menerima hadiah dari perlombaan yang diselenggarakan oleh surat kabar British Sunday Times.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Penerbangan Pertama Nonstop Keliling Dunia

Ide awal

Perjalanan mengelilingi dunia menjadi sesuatu yang membanggakan bagi para petualang untuk dilakukan. Setelah era pesawat, muncul keinginan melakukannya menggunakan perahu kecil atau yacht.

Pada 1966, salah seorang pelaut Inggris bernama Francis Chichester berhasil melakukan itu. Dia mengelilingi dunia dengan menggunakan yacht. Namun, Chichester harus singgah di Australia untuk beberapa saat.

Setelah kembali ke Inggris, ia dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth II. Chichester tidak hanya menjadi pahlawan Inggris, tetapi juga menjadi inspirasi bagi banyak orang yang akan mengikuti jejaknya.

Robin Knox-Johnstontheguardian Robin Knox-Johnston

Tantangan lain hadir dalam misi selanjutnya. Keberhasilan itu membuat surat kabar British Sunday Times memberikan tantangan yang disebut "Sunday Times Golden Globe Race".

Tantangan itu adalah melakukan perjalanan keliling dunia dengan yacht, yang dilakukan dengan berlayar solo tanpa berhenti atau nonstop.

Dilansir dari goldengloberace.com, pihak panitia telah memberikan alokasi dana sekitar 5.000 poundsterling untuk misi kali ini. Mereka memberikan kebebasan kepada semua orang, baik pendatang atau penduduk Inggris untuk ambil bagian dalam misi kali ini.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Pelaut Ferdinand Magellan Tewas di Filipina

Hanya satu yang kembali

Penyambutan Robin Knox-Johnston di Falmouththeguardian Penyambutan Robin Knox-Johnston di Falmouth

Momen yang ditunggu-tunggu akhirnya dimulai. Pada 14 Juni 1968, Robin Knox-Johnston meninggalkan Falmouth. Dia mengendarai perahu sepanjang 9,8 meter dan merupakan salah satu kapal terkecil untuk memasuki Sunday Times Golden Globe Race.

Keraguan muncul dari beberapa orang yang melihat perahu ini. Banyak yang menilai bahwa dia tak bisa kembali ke Falmouth lagi. Sementara pelaut lain, menggunakan kapal yang lebih besar.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com