Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
AM Lilik Agung
Trainer bisnis

Mitra Pengelola GALERIHC, lembaga pengembangan SDM. Beralamat di lilik@galerihc.com.

Meneladani Pemimpin yang Mencium Kaki Rakyatnya

Kompas.com - 21/04/2019, 07:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini


SOSOK sepuh itu berjalan tertatih-tatih menuju ke arah Presiden. Tepat di depan Presiden, tiba-tiba sosok sepuh itu bersimpuh dan merendahkan hati dengan mencium kaki Sang Presiden.

Lalu ia berjalan ke arah Wakil Presiden. Dengan cara yang sama, ia bersimpuh dan mencium kaki Wakil Presiden. Ada tiga Wakil Presiden yang menerima perlakuan sama, dicium kakinya.

Ruangan itu tiba-tiba menjadi sunyi. Presiden beserta tiga Wakil Presidennya tidak menyangka apabila sosok sepuh yang jalannya sudah tertatih-tatih itu melakukan tindakan yang mengundang aneka simpati dan gelora emosi.

Sosok sepuh itu, Paus Fransiskus. Presiden dan Ketiga Wakilnya adalah pemimpin tertinggi Sudan Selatan.

Negara yang baru seumuran jagung – merdeka dari Sudan pada tahun 2011 – tak kunjung selesai dilanda perang saudara. Puncaknya pada 2013 dengan korban tewas mencapai 400.000 orang.

Seakan tidak jera, perang saudara sudah di ujung tanduk. Apalagi bekas negara induknya, Sudan sedang mengalami krisis politik nan akut karena terjadi penggulingan Presiden Omar al-Bashir.  Baca juga: Paus Fransiskus Cium Kaki Presiden dan Oposisi Sudan Selatan, Ada Apa?

Pada sisi lain, ada kerendah-hatian dan tanggungjawab moral dari Sang Presiden dan Ketiga Wakilnya. Mereka memilih untuk melakukan retret selama dua hari di Vatikan. Padahal, belum tentu mereka beragama Katolik.

Ketika jalur diplomasi hampir berujung buntu. Ketika negosiasi dengan difasilitasi berbagai negara jalan di tempat, keempat pemimpin ini memilih jalan “spiritual.” Cara spiritual ini mereka pilih untuk menuntaskan perbedaan antar mereka yang bisa berujung pada perang saudara lagi.

Tindakan Paus mencium kaki keempat tokoh itu merupakan wujud nyata dari penyelesaian konflik secara “spiritual.” Memang tidak ada jaminan bahwa konflik akan hilang dan pertumpahan darah sesama anak bangsa Sudan Selatan akan lenyap.

Namun selama dua hari itu, faksi-faksi yang bertikai melihat para pemimpinnya berada dalam kehangatan persaudaraan. Ketika para pemimpin bergandengan tangan, tidakkah rakyat dibawahnya akan saling bergandengan tangan pula?

Apa yang dilakukan Paus Fransiskus terhadap Presiden dan Wakil Presiden Sudan Selatan itu merupakan praktik dari kepemimpinan melayani.

Secara konsep, kepemimpinan melayani ditulis oleh Robert Greenleaf pada tahun 70’an dan dijadikan buku dengan judul “Servant Leadership: A Journey into the Nature of Legitimate Power & Greatness.

Sejak buku ini terbit sampai sekarang, praktik kepemimpinan melayani menjadi kajian hangat. Buku karya Robert Greenleaf dijadikan referensi utama pada berbagai perusahaan (organisasi) untuk menciptakan pemimpin-pemimpin pelayan pada berbagai tingkat jabatan.

Ketika kaum milenial menjadi aktor utama dan era disrupsi menerjang organisasi, praktik kepemimpinan melayani tetap tak tergantikan.

Rumus pemimpin yang melayani

Ilmu pengetahuan, seperti matematika, fisika, kimia dan biologi memiliki rumus. Pun dengan kepemimpinan melayani, ia memiliki rumus.

Ada tiga rumus utama dari kepemimpinan melayani. Pertama, kesadaran diri sebagai pelayan yang ingin melayani itulah yang mendorongnya memilih menjadi pemimpin.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com