Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Disebut Akan Nominasikan Shanahan sebagai Menteri Pertahanan

Kompas.com - 20/04/2019, 16:49 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Fox News

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump dikabarkan akan secara resmi mencalonkan Patrick M Shanahan, untuk menjabat sebagai menteri pertahanan Amerika Serikat, pekan depan.

Kabar pencalonan Shanahan itu muncul setelah hasil penyelidikan internal Pentagon menyimpulkan bahwa Shanahan tidak menunjukkan bias terhadap kantor lamanya, Boeing.

Shanahan diketahui telah bekerja kepada perusahaan pembuat pesawat itu selama lebih dari 30 tahun, sebelum kemudian direkrut oleh Pentagon untuk menjadi wakil menteri pertahanan di bawah Jim Mattis.

Pencalonan Shanahan sebagai menteri pertahanan sepeninggalan Mattis tertunda, setelah Pentagon menggelar penyelidikan terhadap Shanahan menyusul laporan di Politico, yang menuduhnya menjelekkan program jet tempur F-35 yang kembangkan oleh saingan Boeing, Lockheed Martin.

Baca juga: Pentagon Benarkan Korea Utara Telah Gelar Uji Coba Senjata

Kini, setelah tuduhan itu tidak terbukti, Shanahan berpeluang untuk segera dicalonan sebagai menteri pertahanan, kendati pencalonannya diperkirakan akan mendapat perlawanan dalam sidang konfirmasi dari Senat, yang dikuasai Partai Republik.

Namun Trump disebut akan tetap mengusung nama Shanahan sebagai kepala Pentagon setelah dia mendukung pembentukan cabang militer keenam AS, Angkatan Luar Angkasa.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News, Shanahan, berbicara tentang perlunya segera mengembangkan angkatan militer baru tersebut.

"Kita memiliki 19.000 triliun dollar AS yang bekerja di luar angkasa. Militer kita beroperasi di luar angkasa. Itu adalah hal yang sangat penting," ujar Shanahan.

"China dan Rusia telah mengerahkan kemampuannya untuk menempatkan perekonomian dan militer kita dalam bahaya pada saat kritis," lanjutnya.

Namun juru bicara penjabat menteri pertahanan, Letnan Kolonel Joseph Buccino, menolak menjawab pertanyaan secara langsung mengenai kabat pencalonan Shanahan pekan depan.

"Penjabat Menteri Shanahan akan tetap fokus hanya pada departemen, pada opsi militer global kita, dan prajurit kita, warga sipil, serta keluarga mereka," ujarnya.

Sementara seorang sumber pejabat departemen pertahanan lainnya mengatakan, bahwa Shanahan siap untuk menghadapi sidang konfirmasi jika dirinya dinominasikan.

Baca juga: Pentagon Sepakat Kucurkan Dana Rp 14 Triliun untuk Bangun Tembok Perbatasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com