Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Akan Jadi Tamu Negara Pertama yang Bertemu Kaisar Baru Jepang

Kompas.com - 20/04/2019, 10:25 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara Melania dijadwalkan akan berkunjung ke Jepang pada 25-28 Mei mendatang.

Selama kunjungan kenegaraan itu, Trump dan Melania akan bertemu dengan kaisar baru Jepang, Putra Mahkota Naruhito, yang akan dinobatkan pada 1 Mei 2019.

Hal tersebut menjadikan Trump sebagai tamu negara pertama yang bertemu dengan kaisar baru Jepang.

Kunjungan kenegaraan itu dimaksudkan untuk menunjukkan kedekatan hubungan antara kedua negara.

"Fakta bahwa Jepang akan menjamu Presiden Trump dan istrinya sebagai tamu negara pertama di era baru Reiwa melambangkan ikatan aliansi Jepang-AS yang tidak tergoyahkan," ujar Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, Jumat (19/4/2019).

Baca juga: Trump Bisa Jadi Tamu Negara Pertama yang Bertemu Kaisar Baru Jepang

Pernyataan serupa juga disampaikan pihak Gedung Putih, Kamis (18/4/2019), yang menyebut kunjungan kenegaraan tersebut akan memperdalam ikatan antara warga Amerika dan Jepang, serta memperlihatkan pentingnya aliansi antara kedua negara.

Selama kunjungan, Trump juga diharapkan untuk dapat hadir dalam perjamuan negara yang akan diagakan di Istana Kekaisaran.

Selain bertemu kaisar, Trump juga dijadwalkan bertemu dengan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Dilansir Japan Times, dalam pertemuan tersebut Abe dan Trump akan membahas masalah kerja sama dalam mendesak denuklirisasi Korea Utara, selain juga mendesak penyelesaian masalah penculikan warga Jepang oleh Pyongyang pada 1970-an dan 1980-an.

Selama di Jepang, Trump juga diagendakan menonton pertandingan sumo dan memeriksa kapal induk helikopter kelas Izumo, yang terbesar milik Jepang.

Namun sebelumnya, Perdana Menteri Abe akan lebih dulu berkunjung ke Washington pada 26-27 April mendatang. Kemudian pada bulan Juni, Trump dimungkinkan untuk kembali ke Jepang guna menghadiri pertemuan KTT G-20 di Osaka.

Baca juga: Jelang Turun Takhta, Kaisar Akihito Lapor pada Leluhur di Kuil Shinto

Presiden AS terakhir kali melakukan kunjungan resmi ke Jepang pada November 2017 lalu. Ketika itu Trump dengan didampingi istrinya, Melania, melakukan kunjungan selama dua hari.

Dalam kesempatan Trump juga sempat bertemu dengan Kaisar Akihito di istana kekaisaran Jepang selama sekitar 30 menit.

Namun saat itu Trump datang bukan sebagai tamu kenegaraan dan hanya dalam rangka kunjungan resmi presiden, sehingga tidak sampai melakukan jamuan makan bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com