Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Bakal Bertemu Putin di Rumah Armada Pasifik Rusia

Kompas.com - 19/04/2019, 22:28 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia telah mengumumkan tanggal pertemuan antara Presiden Vladimir Putin dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Setelah spekulasi selama beberapa pekan, Kremlin seperti diwartakan AFP Jumat (19/4/2019) mengumumkan, pertemuan Putin dan Kim bakal dilaksanakan akhir April.

Baca juga: Kremlin: Kim Jong Un Akan Bertemu Putin di Rusia Bulan Ini

Mereka tidak bersedia menyebutkan tanggal pasti maupun tempat pertemuan karena menyangkut "alasan keamanan". Meski begitu, media setempat sudah mengeluarkan prediksi.

Dalam pemberitaan media Rusia, tempat pertemuan Putin dan Kim bakal dilangsungkan di Vladivostok, rumah bagi Armada Pasifik, dengan persiapan mulai digelar.

Kota pelabuhan itu berjarak sekitar 130 km dari perbatasan Korut. Sebuah lokasi ideal bagi Kim yang lebih suka melakukan kunjungan luar negeri menggunakan kereta.

Pemimpin yang berkuasa sejak 201 itu bakal mengikuti jejak ayahnya, Kim Jong Il, yang bertemu Putin ketika baru menjabat sebagai presiden di Vladivostok pada 2002.

Danil, mahasiswa Universitas Federal Timur Jauh Vladivostok mengaku senang jika mereka jadi bertemu di sana karena kota tersebut jarang menggelar acara bertaraf internasional.

"Apapun kunjungannya, baik itu teman maupun musuh, tentu sangat baik bagi kami," kata Danil seraya berkata dia sangat menyambut baik adanya dialog dua pemimpin tersebut.

Pekan ini, pemerintah Vladivostok dilaporkan sangat sibuk membersihkan sampah yang menumpuk di berbagai sudut dengan Ndezhda, seorang warga lokal, menyebut acara ini bakal disorot dunia.

Dia menuturkan sangat ingin mengunjungi Korut dan menjelaskan dia sama sekali tidak khawatir tentang Pyongyang yang dikabarkan menggelar uji coba senjata.

Uji coba itu dilaksanakan buntut pertemuan dengan Amerika Serikat (AS) yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, selama dua hari pada akhir Februari tak menemui kesepakatan.

Sudah lama Putin mengatakan dia siap bertemu Kim dan berniat memainkan peran lebih besar terkait program denuklirisasi terhadap mantan sekutu era Perang Dingin tersebut.

Pertemuan terakhir kedua negara terjadi pada 2011 ketika Kim Jong Il bertolak ke Siberia dengan kereta, kemudian bertemu dengan Presiden Dmitry Medvedev.

Baca juga: Bertemu Erdogan, Putin Minta Turki-Rusia Perkuat Hubungan Militer

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com