Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahir dengan Berat 258 Gram, Bayi Terkecil di Jepang Akhirnya Diizinkan Pulang

Kompas.com - 19/04/2019, 15:34 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

NAGANO, KOMPAS.com - Bayi laki-laki yang diklaim sebagai bayi terkecil di dunia, yang lahir Oktober lalu di Jepang, dengan berat hanya 258 gram, kini diizinkan untuk pulang.

Bayi yang diberi nama Ryusuke Sekiya itu melalui operasi caesar darurat saat usai kandungan baru 24 minggu lima hari. Operasi darurat harus dilakukan karena sang ibu, Toshiko, dilaporkan mengalami hipertensi.

"Bayi itu kini telah siap untuk melihat dunia luar," ujar dokter dari Rumah Sakit Anak Nagano, yang merawat Ryusuke, dikutip AFP, Jumat (19/4/2019).

Ryusuke lahir tepat pada 1 Oktober 2018 lalu dan saat lahir panjangnya hanya 22 sentimeter, dengan berat tak lebih dari sebuah apel. Setelah lahir, bayi itu langsung ditempatkan dalam unit perawatan intensif pascakelahiran.

Baca juga: Jatuh dari Lantai Enam Apartemen, Bayi Usia 20 Bulan Selamat

Dokter memberi makan bayi itu melalui selang dan kadang menggunakan kapas untuk meneteskan ASI ibunya ke mulut bayi.

Ryusuke Sekiya bersama dengan kedua orangtuanya.AFP / JIJI PRESS Ryusuke Sekiya bersama dengan kedua orangtuanya.
Menurut keterangan dokter rumah sakit tempat Ryusuke dirawat, setelah memasuki usia tujuh bulan, berat badan bayi iyu telah bertambah hingga 13 kali berat saat dilahirkan. Kini beratnya mencapai lebih dari tiga kilogram dan dia diizinkan pulang akhir pekan ini.

"Saat dia lahir, dia sangat kecil, dan sepertinya dia akan patah jika disentuh. Saya sangat khawatir," ujar Toshiko, ibu bayi itu, kepada wartawan.

"Kini dia sudah bisa minum susu dan kami sudah bisa memandikannya. Saya sangat senang karena bisa melihatnya tumbuh," lanjutnya.

Sebelum Ryusuke lahir, seorang baru mini lainnya juga lahir pada Agustus tahun lalu di Rumah Sakit Tokyo. Bayi itu lahir dengan berat hanya 268 gram dan telah diizinkan meninggalkan rumah sakit pada Februari lalu.

Sebagai perbandingan, bayi manusia normalnya lahir pada usia kehamilan 37-40 minggu dengan berat sekitar 2.500-4.000 gram atau 2,5-4 kilogram.

Baca juga: Bayi Terkecil di Dunia Ini Lahir di Jepang dengan Berat Badan 268 Gram

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com