Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang di Gunung, Tiga Pendaki Berpengalaman Diduga Tewas Tertimbun Longsor

Kompas.com - 19/04/2019, 14:51 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BANFF, KOMPAS.com - Tiga pendaki gunung profesional dilaporkan hilang di pegunungan di Kanada. Ketiganya diyakini telah tewas akibat longsor.

Ketiga pendaki tersebut yakni seorang warga Amerika, Jess Roskelley (36), serta dua warga Austria, Hansjorg Auer (35) dan David Lama (28), dilaporkan hilang pada Selasa (16/4/2019) malam di Taman Nasional Banff.

Misi pencarian pun diluncurkan keesokan harinya dengan pencarian di darat maupun melalui udara.

Dilansir AFP, yang mengutip pernyataan dari Badan Taman Kanada, ketiga pendaki tersebut berusaha menuju puncak dengan melalui sisi timur Howse Pass, yang dikenal sangat sulit dan terisolasi.

Baca juga: Berbagai Misi Mencapai Puncak Everest, Penerbangan hingga Pendaki Termuda

Ketiga pendaki itu disebut merupakan bagian dari tim atlet berpengalaman yang disponsori oleh perusahaan alat luar ruang, The North Face, seperti yang telah dikonfirmasi oleh perusahaan yang berbasis di AS itu kepada AFP.

"Tim penyelamat mengklaim menemukan tanda-tanda berupa longsoran dan puing-puing yang cocok dengan peralatan pendakian, sehingga menduga bahwa para pendaki telah tewas," kata Badan Taman Kanada.

Kondisi cuaca buruk yang melanda wilayah pegunungan di perbatasan antara Alberta dengan British Columbia telah meningkatkan risiko terjadinya longsor. Hal tersebut juga memaksa proses pencarian dihentikan demi alasan keamanan.

"Kecil kemungkinan ketiga pria itu dapat selamat," ujar John Roskelley, ayah dari salah satu pendaki yang hilang, Jess Roskelley, kepada media AS.

"Rute yang mereka lalui kali ini sudah pernah mereka lakukan pada tahun 2000 silam. Ini adalah salah satu rute di mana Anda harus dalam kondisi yang tepat atau pendakian akan berubah menjadi mimpi buruk. Dan ini adalah salah satu perjalanan pendakian yang berubah menjadi buruk," kata John.

John juga dikenal sebagai salah satu pendaki gunung terbaik dari AS. Pada 2003, dia pernah mendaki Puncak Everest bersama anaknya, Jess, yang saat itu berusia 20 tahun, menjadinya putranya itu sebagai pendaki termuda yang menaklukkan Everest pada kala itu.

Baca juga: Hilang 13 Hari di Gunung di Pakistan, Jenazah Dua Pendaki Eropa Ditemukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com