Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Stasiun Luar Angkasa Pertama di Dunia Diluncurkan

Kompas.com - 19/04/2019, 14:44 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada era 1960-an, sejumlah negara berlomba dalam melakukan eksplorasi antariksa. Selain untuk mencari pengetahuan mengenai jagat raya, eksplorasi antariksa juga menjadi persaingan, terutama oleh Amerika Serikat dengan Uni Soviet.

Manusia tak puas saat berhasil mencapai orbit bumi atau mendarat di bulan. Tantangan kembali hadir untuk membuat "tempat singgah" saat manusia berada di luar angkasa.

Langkah ini dilakukan oleh Uni Soviet pada 48 tahun yang lalu, tepatnya 19 April 1971 dengan meluncurkan stasiun luar angkasa ke antariksa.

Dilansir dari Britannica, stasiun luar angkasa ini diluncurkan dengan menggunakan roket Proton-K di Kosmodrom Baikonur, Kazakstan. Peluncuran ini berfungsi sebagai tempat tinggal kosmonot dan laboratorium ilmiah, serta platform pengintaian militer Uni Soviet.

Setelah berhasil meluncur ke angkasa, Salyut 1 mendapatkan predikat sebagai stasiun luar angkasa pertama dunia.

Baca juga: Satelit Ohsumi Meluncur, Jepang Jadi Negara Keempat dengan Misi Antariksa

Pembangunan awal

Komponen Salyut 1Gizmodo Komponen Salyut 1

Pembangunan Salyut 1 dimulai pada awal 1970, dan setelah hampir setahun dikirim ke Kosmodrom Baikonur. Beberapa program yang belum selesai, kemudian dikembangkan di pusat peluncuran.

Program Salyut dikelola oleh Kerim Kerimov yang merangkap sebagai ketua dalam misi Soyuz. Sebenarnya, peluncuran direncanakan pada 12 April 1971 sebagai peringatan 10 tahun penerbangan Yuri Gagarin, manusia pertama yang meluncur ke luar angkasa.

Namun, karena masih ditemukan sejumlah masalah teknis, peluncuran dimundurkan.

Stasiun itu memiliki berat sekitar 18.500 kilogram dan berbentuk silinder dengan panjang sekitar 20 meter dan diameternya 4 meter.

Dalam stasiun tersebut terdapat tiga kompartemen, yakni dua area kerja besar dan kecil serta area mesin dan peralatan kontrol.

Untuk dua area kerja menyediakan ruang dan peralatan untuk makan, rekreasi, stasiun kontrol, penyimpanan makanan dan air, kebersihan, olahraga, dan eksperimen sains.

Sebuah lubang bundar di atas area kerja besar memiliki sensor untuk mempelajari mikrometeoroida di sekitar Bumi. Dalam area kerja juga terdapat teleskop untuk mempelajari spektrum bintang serta mengambil foto Bumi dari luar angkasa.

Salyut awalnya disebut "Zarya," tetapi ini diubah sebelum diluncurkan sehingga tidak akan ada kebingungan antara stasiun dan tanda panggilan kontrol.

Setelah berhasil meluncur, stasiun luar angkasa ini mampu mengorbit terhadap bumi.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: 9 Juli 1976, Indonesia Luncurkan Satelit Pertama

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com