Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pemilu Putaran Kedua, Presiden Ukraina Minta Maaf pada Rakyat

Kompas.com - 19/04/2019, 13:52 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

KIEV, KOMPAS.com - Presiden Petro Poroshenko, yang juga kandidat petahana dalam pemilu, menyampaikan permohonan maaf kepada rakyat Ukraina.

Poroshenko juga memohon dukungan dari rakyat Ukraina dalam pemungutan suara pemilu presiden putaran kedua yang akan dilangsungkan Minggu (21/4/2019) mendatang.

Usaha meraih dukungan rakyat Ukraina itu dilakukan Poroshenko menyusul hasil jajak pendapat terbaru, yang menempatkan dirinya jauh di bawah pesaingnya, Volodymyr Zelensky.

"Sekali lagi saya memohon kepada saya untuk dapat memaafkan kesalahan saya. Apa yang tidak berhasil paling menyakitkan," kata Poroshenko dalam pidato televisi, Kamis (18/4/2019).

Hasil jajak pendapat yang dirilis Kamis menunjukkan, Poroshenko (53) hanya meraih 27 persen dukungan, sementara Zelensky (41) jauh memimpin dengan perolehan 73 persen dukungan.

Baca juga: Pemilu Ukraina, Saat Petahana Berdebat dengan Podium Kosong

Besarnya dukungan rakyat kepada Zelensky, seorang politisi pemula, yang berprofesi sebagai komedian dan aktor serial televisi itu mengejutkan para elit politik di Ukraina.

Jika terpilih, Zelensky yang tanpa pengalaman politik akan dihadapkan pada permasalahan negara yang kompleks, mulai dari krisis ekonomi, pemberantasan korupsi, dan perang dengan kelompok separatis yang didukung Rusia.

Sementara Poroshenko, yang menjabat sebagai presiden sejak 2014, mengklaim bahwa hanya dirinya satu-satunya politisi Ukraina yang mampu berhadapan dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin dan mengakhiri perang dengan pemberontak yang telah menewaskan hampir 13.000 jiwa.

"Karena adanya konflik dengan Rusia, akan sangat berisiko untuk bereksperimen dengan jabatan presiden dan panglima tertinggi," ujar Poroshenko kepada rakyat Ukraina.

Sebelum dilangsungkannya pemungutan suara pemilu putaran kedua, kedua kandidat dijadwalkan untuk bertemu dalam ajang debat, yang rencananya akan digelar Jumat (19/4/2019).

Debat calon presiden itu akan menjadi yang pertama kalinya dalam kampanye pemilu presiden Ukraina kali ini.

Sebelumnya dalam pemungutan suara putaran pertama pada akhir Maret lalu, Zelensky juga menempati peringkat pertama, sementara Poroshenko di peringkat kedua.

Baca juga: Kandidat Unggulan Presiden Ukraina Didesak Jawab Pertanyaan Media

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com