Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadis Usia 11 Tahun Meninggal Akibat Menyikat Gigi

Kompas.com - 19/04/2019, 11:08 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Nyawa Denise Saldate (11) tidak terselamatkan, setelah gadis kecil itu mengalami reaksi alergi yang cepat saat meyikat gigi.

Denise diketahui mengidap alergi protein hewani yang terdapat dalam susu, dan sejak usia satu tahun keluarganya selalu berhati-hati dalam memilih produk apa pun.

Namun selama beberapa tahun terakhir, Denise dapat terhindar dari reaksi alergi yang berbahaya, sehingga membuat keluarganya lengah.

Pada 4 April, Denise dibawa orangtuanya ke dokter gigi dan diberi resep untuk jenis pasta gigi baru.

"Selama bertahun-tahun kami selalu membaca label pada pasta gigi untuk mengetahui bahan-bahan di dalamnya, dan kami tidak pernah menemukan ada susu di situ," ujar Monique Altamirano, ibunda Denise, kepada Allergic Living.

Baca juga: Perempuan Ini Mendadak Idap Alergi Air Langka Usai Melahirkan

"Karena itu kali ini saya tidak berpikir untuk membaca label bahan-bahan dalam pasta gigi itu. Dia juga tampak sangat bersemangat dengan pasta gigi barunya," tambahnya.

Namun pada malam harinya, saat Denise mencoba pasta gigi barunya, mendadak bibirnya membiru.

"Dia berkata sepertinya dia mendapat reaksi alergi dari pasta giginya, dan saat itu bibirnya sudah membiru," tutur Monique.

"Saya langsung membawanya ke kamar dan menyuruh putri saya yang lain untuk menelepon 911. Saya juga memberi Denise suntikan antialergi dan obat asma," ujarnya lagi.

Tak lama kemudian ambulans dan petugas medis datang. Denise pun segera dibawa ke rumah sakit.

Denise sempat dirawat selama dua hari di rumah sakit. Tetapi nyawanya tidak dapat tertolong. Gadis kecil itu dinyatakan meninggal pada 6 April lalu.

Atas kematian putrinya, Monique merasa sebagai orangtua telah gagal karena meremehkan kondisi alergi yang diderita Denise.

"Selalu baca segala hal. Jangan menjadi terlalu terbiasa dan terlalu nyaman hanya karena Anda bisa melalui beberapa tahun tanpa gejala serius," kata Monique mengingatkan pada keluarga penderita alergi lainnya.

Baca juga: Alergi Kacang, Perempuan Ini Terpaksa Duduk di Toilet Pesawat selama Penerbangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com