Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER INTERNASIONAL] Jokowi-Ma'ruf Raih 99 Persen di Vatikan | Korut Uji Coba Senjata Baru

Kompas.com - 19/04/2019, 07:50 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Sama seperti di Indonesia, penghitungan suara untuk luar negeri juga dilaksanakan pada Rabu (17/4/2019) waktu setempat yang bertempat di KBRI.

Di beberapa tempat, pasangan calon nomor urut satu Joko Widodo dan Ma'ruf Amim meraih kemenangan telak. Seperti misalnya di Vatikan di mana mereka mendapat 99 persen.

Kemudian Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali melaksanakan uji coba senjata terbaru dengan prosesnya diawasi langsung oleh Pemimpin Kim Jong Un.

Dua artikel itu masuk ke dalam kabar populer internasional yang terjadi sepanjang Kamis (18/4/2019) hingga Jumat pagi (19/4/2019).

1. Jokowi-Ma'ruf Amin Raih 99 Persen dalam Penghitungan Suara di Vatikan
Pasangan presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin nyaris meraih sapu bersih dalam penghitungan suara di TPS Vatikan serta Napoli, Italia.

Dalam penghitungan yang berlangsung pada Rabu (17/4/2019) pukul 11.00 waktu setempat di Aula KBRI Vatikan, Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 1.171 suara.

Dengan demikian, pasangan calon yang mengantongi nomor urut 1 tersebut mendapat 99 persen dari total 1.183 surat suara sah. Adapun paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 12 suara.

Di tautan ini, Anda bisa membaca dengan lengkap proses penghitungan suara di Vatikan, termasuk juga di Denmark.

2. Kim Jong Un Awasi Uji Coba Senjata Terbaru dan "Sangat Kuat" Korut
Pemimpin Korea Utara ( Korut) Kim Jong Un dikabarkan mengawasi peluncuran senjata terbaru. Uji coba pertama sejak negosiasi dengan AS mengalami kebuntuan.

Kabar uji coba itu terjadi sejak pertemuan Kim dengan Presiden AS Donald Trump di Hanoi, Vietnam, pada Februari lalu mengalami kebuntuan terkait denuklirisasi.

Saat mengawasi uji coba itu, Kim mengatakan perkembangan senjata tersebut sebagai momen penting dalam meningkatkan kemampuan tempur pasukan Korut.

Senjata seperti apa yang dikembangkan oleh Korut bisa dibaca selengkapnya di sini.


3. Lagi, Dua Perempuan Saudi Kabur ke Luar Negeri untuk Cari Suaka
Dua perempuan bersaudara yang mengaku kabur dari Arab Saudi kembali muncul di media sosial.

Melalui akun Twitter @GeorgiaSisters, dua perempuan yang mengaku bernama Maha Alsubaie (28) dan Wafa Alsubaie (25) itu menceritakan kisah mereka yang kini terjebak di Georgia, sebuah negara kecil bekas Uni Soviet di perbatasan Eropa dan Asia.

Seperti apa kisah mereka, silakan Anda simak di sini.

4. Hari Ini dalam Sejarah: Carpathia Selamatkan Penumpang Titanic
Saat kali pertama diperkenalkan ke publik pada 1912, RMS Titanic menjadi sebagai kapal terbesar dengan kapasitas penumpang terbanyak.

Bahkan, ada ungkapan terkenal, yang konon diucapkan seorang pegawai di White Star Line, "Tuhan pun tak bisa menenggelamkan kapal ini..". White Star Line merupakan perusahaan pemilik RMS Titanic.

Namun, klaim kesombongan itu terbantahkan. Pada pelayaran perdana, kapal yang membawa ribuan penumpang dari Belfast di Irlandia menuju Southampton di Inggris, hingga New York di Amerika Serikat, tenggelam di Samudra Atlantik bagian utara pada 14 April 1912, beberapa saat menjelang tengah malam.

Kisah bagaimana Titanic tenggelam dan Carpathia yang merespon sinyal darurat mereka bisa Anda simak secara lengkap di tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com