Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imigrasi Georgia: Dua Perempuan Saudi Bersedia Ajukan Suaka

Kompas.com - 18/04/2019, 23:47 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TBILISI, KOMPAS.com - Pihak imigrasi Georgia mengatakan telah mengunjungi dua perempuan bersaudara asal Arab Saudi yang kabur dari negaranya dan memohon bantuan internasional melalui Twitter.

Kedua perempuan Saudi tersebut, yang muncul di media sosial menggunakan akun @GeorgiaSisters, mengaku telah kabur dari penindasan yang dilakukan keluarga mereka.

Pasangan kakak beradik bernama Maha Alsubaie (28) dan Wafa Alsubaie (25) itu menceritakan kisah mereka melalui media sosial Twitter pada Selasa (16/4/2019).

Disampaikan juru bicara Kementerian Dalam Negeri Georgia, Sopho Mdinaradze, perwakilan dari departemen migrasi telah mengunjungi Alsubaie bersaudara, pada Kamis (18/4/2019), dan menawarkan keduanya untuk memulai prosedur suaka di negara bekas Uni Soviet itu.

Baca juga: Lagi, Dua Perempuan Saudi Kabur ke Luar Negeri untuk Cari Suaka

"Perwakilan dari departemen migrasi kami telah mengunjungi kedua perempuan itu dan mengundang mereka untuk memulai prosedur suaka," ujarnya.

"Mereka bisa merasa aman, hak-hak mereka dilindungi dan dijamin di Georgia," tambah Mdinaradze, dikutip AFP.

Ditambahkan kementerian, dalam sebuah pernyataan, kedua perempuan Arab Saudi itu telah setuju untuk pindah ke fasilitas bagi para pencari suaka dan menjalani prosedur yang ditentukan oleh hukum Georgia.

Sebelumnya diberitakan, Alsubaie bersaudara menuliskan jika mereka sedang melarikan diri dari Arab Saudi dan sedang mencari suaka.

Mereka menuliskan bahwa keluarga dan pemerintah Saudi telah menangguhkan paspornya, sementara mereka kini terjebak di Georgia.

"Kami dalam bahaya. Tolong bantu kami," kata salah satu perempuan tersebut dalam video yang mereka unggah di Twitter.

"Kami ingin mengajukan suaka di negara aman mana pun. Jika kami kembali ke Saudi, kami akan dibunuh."

"Kami meninggalkan penindasan dari keluarga kami karena hukum di Saudi terlalu lemah untuk melindungi kami," lanjut mereka dalam video.

Baca juga: Dua Perempuan Saudi Mengaku Kabur dan Dicegat di Bandara Hong Kong

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com