Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Minta Pompeo Ditarik, AS: Kami Tetap Siap Bernegosiasi

Kompas.com - 18/04/2019, 22:47 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemerintah AS menyatakan siap untuk bernegosiasi dengan Korea Utara, menyusul desakan dari Pyongyang untuk tidak menyertakan menteri luar negerinya, Mike Pompeo, dalam proses dialog denuklirisasi.

"Amerika Serikat tetap siap untuk terlibat dengan Korea Utara dalam negosiasi yang membangun," ujar juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Kamis (18/4/2019).

Juru bicara tersebut mengatakan bahwa pemerintah AS telah mengetahui permintaan yang disampaikan Korea Utara terkait keterlibatan Pompeo, namun tidak memberikan komentar secara langsung.

Sebelumnya diberitakan, dalam sebuah pernyataan yang disampaikan pejabat Kementerian Luar Negeri Korea Utara bahwa mereka mendesak agar Washington menarik Pompeo dari delegasi AS untuk pembahasan denuklirisasi dengan Pyongyang.

Baca juga: Korea Utara Desak AS Tarik Pompeo dari Pembicaraan Denuklirisasi

Alasannya, Pyongyang menilai Pompeo telah bersikap gegabah dan dianggap melecehkan proses dialog yang dilakukan oleh kedua pihak.

"Saya khawatir jika Pompeo (tetap) dilibatkan dalam pembicaraan selanjutnya, maka diskusi akan menjadi sangat buruk dan pembicaraan akan menjadi kacau," ujar Direktur Jenderal Departemen Urusan Amerika Kementerian Luar Negeri Korut, Kwon Jung Gun, Kamis (18/4/2019).

"Oleh karena itu, jika kemungkinan dialog kembali dimulai dengan AS, saya berharap rekan dialog kami bukan Pompeo, tetapi seseorang yang lebih berhati-hati dan dewasa dalam berkomunikasi dengan kami," tambahnya, dikutip AFP.

Pompeo, dikenal sebagai salah satu menteri yang paling dipercaya Trump. Dia telah melakukan perjalanan empat kali ke Korea Utara dan disebut berperan dalam mendorong Trump untuk tidak membuat kesepakatan dengan Kim Jong Un dalam pertemuan puncak kedua di Hanoi, Februari lalu.

Baca juga: Menlu AS Berharap Trump Bisa Segera Kembali Bertemu Kim Jong Un

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com