Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendak Keluarkan Duri Ikan, Seorang Wanita Tak Sengaja Telan Sendok

Kompas.com - 18/04/2019, 15:19 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SHENZHEN, KOMPAS.com - Para dokter di Shenzhen, China, harus menampilkan bedah endoskopi darurat untuk menyelamatkan seorang perempuan setelah dia menelan sendok.

Wanita bernama Lily itu menelan sendok besi sepanjang 13 sentimeter saat berlangsung Festival Qinming pada 5 April setelah berusaha mengeluarkan duri ikan di kerongkongannya.

Baca juga: Selama Setahun, Pria di China Hidup dengan Sendok di Kerongkongannya

Diberitakan Oddity Central Rabu (16/4/2019), sendok itu terlepas dar jari Lily dan langsung masuk ke tenggorokan. Namun, saat itu dia tidak segera ke dokter.

Sebabnya, dia tidak merasakan rasa sakit di perutnya hingga empat hari kemudian. Lily pergi dokter untuk menceritakan insiden itu, namun belum bersedia pergi ke dokter.

Akhirnya pada Senin kemarin (15/4/2019), dia memutuskan pergi ke Rumah Sakit Shenzhen Nanshan untuk menceritakan masalahnya, dan diminta menjalani pemeriksaan Sinar X.

Dari hasil Sinar X, diketahui sendok tersebut bersarang di usus 12 jari Lily. Dokter Sun Tingji kepada Pear berkata, posisi sendok saat itu horizontal.

"Kami harus hati-hati memindahkan sendok itu secara vertikal sebelum memindahkannya," terang Sun. Sendok tersebut membuat usus Lily membengkak.

Untungnya, tim dokter yang melakukan operasi berhasil mengeluarkannya. Perempuan itu dilaporkan telah dinyatakan sembuh dan diizinkan keluar dari rumah sakit.

Tahun lalu, seorang pria yang juga di China dilaporkan menelan sendok dalam keadaan mabuk, dan harus hidup dengan rasa sakit selama satu tahun penuh.

Baca juga: Sendok hingga Tang Disita dari Pengunjung Asian Games di Jakabaring Sport City

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com