Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bermagnitudo 6,0 Guncang Wilayah Timur Laut Taiwan

Kompas.com - 18/04/2019, 13:40 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TAIPEI, KOMPAS.com - Gempa berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang Taiwan, Kamis (18/4/2019) siang, sekitar pukul 13.01 waktu setempat, menyebabkan bangunan bergetar dan menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Gempa juga menyebabkan layanan kereta MRT di Taipei berhenti beroperasi sebagai tindakan pencegahan.

Gempa tersebut berpusat di timur wilayah Hualien dan pada kedalaman sekitar 19 kilometer, menurut Survei Geologi AS (USGS).

Menurut laporan yang dikutip AFP, getaran gempa dapat dirasakan hingga ibu kota Taipei, menggetarkan bangunan-bangunan tinggi dengan cuku keras. Sementara di wilayah Yilan, getaran gempa menyebabkan siswa sekolah berlarian ke luar kelas.

Baca juga: Cantumkan Taiwan sebagai Negara Merdeka, 29.000 Peta Dunia Dihancurkan

Laporan media setempat menyebutkan getaran gempa dapat dirasakan hingga seluruh wilayah negara pulau tersebut, sementara jalan raya utama yang menghubungkan Yilan dengan Hualien sebagai pusat gempa, tertutup akibat longsoran batu.

Belum ada laporan resmi mengenai korban jiwa maupun luka, atau besarnya kerusakan yang ditimbulkan.

Sementara Biro Pusat Cuaca Taiwan mencatat kekuatan gempa sebesar 6,1.

Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan untuk orang-orang yang tinggal di dekat garis pantai agar memperhatikan perubahan ketinggian permukaan air laut, namun mengatakan tidak ada ancaman tsunami.

"Akibat gempa ini, wilayah pesisir Jepang mungkin akan dapat mengamati sedikit perubahan pada permukaan air laut, tetapi tidak ada kekhawatiran tentang kerusakan," kata badan tersebut.

Wilayah Hualien di timur laut Taiwan sempat dilanda gempa berkekuatan 6,4 pada tahun lalu dan menyebabkan korban tewas 17 orang.

Taiwan yang terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik telah secara teratur dilanda gempa. Bencana gempa terburuk di pulau itu dalam beberapa dekade terakhir terjadi pada September 1999, dengan kekuatan 7,6 dan menewaskan hingga 2.400 orang.

Baca juga: Google Maps Tak Sengaja Ungkap Fasilitas Misil Patriot AS di Taiwan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com