Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Lempar Koin ke Mesin Pesawat, Penerbangan Ditunda

Kompas.com - 16/04/2019, 18:30 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang perempuan berusia 66 tahun dikeluarkan dari penerbangan Tianjin Airlines di wilayah utara China.

Perempuan itu dikeluarkan dari kabin penumpang setelah melemparkan koin ke mesin pesawat untuk keberuntungan. Demikian manajemen maskapai, Senin (15/4/2019).

Penerbangan dari kota Hohhot menuju Chifeng di Mongolia Dalam seharusnya lepas landas sekitar pukul 08.00 pada Senin lalu.

Baca juga: Lempar Koin ke Pesawat demi Nasib Baik, Seorang Penumpang Ditangkap

Namun, penerbangan harus ditunda lebih dari dua jam setelah kru maskapai mencari koin yang dilemparkan ke mesin pesawat dan memindahkan penumpang ke pesawat lain.

"Untuk menghindari risiko dan memastikan keselamatan Tianjin Airlines langsung memberitahu penumpang untuk berganti pesawat pada pukul 08.17," demikian manajemen Tianjin Airlines.

"Pada pukul 08.40 para penumpang sudah masuk ke pesawat baru dan pesawat lepas landas pada pukul 10.06," masih manajemen maskapai.

Sejumlah media mempublikasikan rekaman kamera CCTV yang memperlihatkan seorang perempuan yang mengenakan pakaian hangat berwarna merah melemparkan koin ke mesin pesawat saat dia memasuki kabin.

Polisi kemudian membawa perempuan bermarga Yang itu dan seorang perempuan lain teman seperjalanan Yang untuk menjalani pemeriksaan.

"Kami duduk selama beberapa jam. Mereka kemudian menemukan dua orang yang terekam kamera CCTV. Polisi membawa mereka dan penumpang lain berpindah pesawat," ujar seseorang yang mengaku sebagai penumpang lewat WeChat lengkap dengan foto kabin penumpang.

"Kru keselamatan kabin bekerja amat baik. Salah satu dari mereka berlari ke pesawat dan menemukan koin itu," tambah penumpang itu.

"Dia kemudian menahan dua orang itu dan menanyai mereka. Karena mereka tidak mengaku maka rekaman CCTV digunakan untuk mencari pelakunya," tambah dia.

Sejauh ini belum diperoleh kabar apakah Yang dijerat dakwaan perbuatan kriminal.

Ini adalah insiden serupa kelima dalam dua tahun terakhir. Pada Maret lalu, dua perempuan berusia 20-an diperiksa kepolisian Jinan, provinsi Shandong.

Keduanya diperiksa setelah melempar koin ke mesin pesawat maskapai Lucky Air jurusan Chengdu, provinsi Sichuan.

Baca juga: Seorang Nenek Lempar Koin ke Mesin Pesawat, Penerbangan Ditunda

Lalu pada Februari lalu, penerbangan Lucky Air dari Anqing, provinsi Anhui menuju Kunming di provinsi Yunnan ditunda.

Penerbangan terpaksa ditunda setelah seorang pria berusia 28 tahun melemparkan dua buah koin ke dalam mesin pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com