Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahkota Duri yang Dipakai Yesus Diselamatkan dari Kebakaran Gereja Notre Dame

Kompas.com - 16/04/2019, 08:34 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Sejumlah relik berharga dilaporkan diselamatkan dari Gereja Notre Dame di Paris, Perancis, ketika kebakaran hebat terjadi pada Senin petang (15/4/2019).

Salah satunya adalah benda bersejarah tak ternilai berupa mahkota duri yang dikenakan Yesus Kristus ketika Dia disalibkan, dilaporkan The Independent dan Daily Mirror.

Dikatakan di Injil, mahkota duri itu dipasang di kepala Yesus oleh orang yang menangkap-Nya sebagai bentuk penyiksaan dan ejekan setelah Dia disebut sebagai Raja Orang Yahudi.

Baca juga: Beginilah Detik-detik Puncak Menara Gereja Notre Dame Jatuh Saat Kebakaran

Awalnya berasal dari Yerusalem, relik itu ditawarkan oleh Kaisar Byzantium Baldwin II kepada Raja Perancis Louis IX pada 1238 silam, dan ditempatkan di Sainte-Chapelle.

Keaslian dari mahkota duri itu tidak bisa ditentukan. Namun berdasar catatan sejarah maupun penelitian yang dilakukan, diketahui mahkota itu berasal dari abad keempat.

Mahkota itu dikeluarkan dan dipamerkan saat Jumat pertama setiap bulan serta Jumat saat masa puasa. Setiap tahun, ada 13 juta pengunjung yang datang untuk melihatnya.

Publik sempat khawatir ketika kebakaran di gereja berusia sekitar 850 tahun itu terrbakar dan menghancurkan puncak menara. Sebab, mereka takut jika relik itu rusak atau hancur.

Namun, Rektor Notre Dame Patrick Chauvet kepada AFP mengatakan tim pemadam kebakaran berhasil mengeluarkan mahkota duri tersebut dari katedral.

Mahkota Duri itu merupakan satu dari simbol suci, selain potongan Salib yang dipakai untuk menyalib Yesus, dan Paku yang menghujam di kaki serta tangan-Nya.

Selain Mahkota Duri, Chapelle menjelaskan tim pemadam kebakaran juga berhasil menyelamatkan tunik abad ke-13 yang dikenakan oleh Raja Louis dari Notre Dame.

Kebakaran yang melanda Notre Dame tak hanya mengejutkan penduduk Paris dan turis yang berada di sana. Namun juga para pemimpin dari berbagai penjuru dunia.

Juru bicara Vatikan menyampaikan rasa simpati mendalam kepada umat Katolik di Perancis. "Kami mendoakan pemadam kebakaran dan mereka yang membantu memadamkannya," ujar juru bicara itu.

Sementara mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengatakan Notre Dame merupakan salah satu harta terhebat yang ada di muka Bumi ini.

"Adalah lumrah ketika kami berduka ketika menyaksikan salah satu peninggalan sejarah menghilang. Namun juga lumrah untuk kembali membangunnya sekuat yang kami bisa," tegas dia.

Baca juga: Kebakaran Hebat Hancurkan Menara Gereja Notre Dame di Paris

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com