Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beginilah Detik-detik Puncak Menara Gereja Notre Dame Jatuh Saat Kebakaran

Kompas.com - 16/04/2019, 07:53 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Sekitar 400 orang anggota pemadam kebakaran dikerahkan dari seluruh Perancis ke ibu kota Paris ketika landmark wisata di sana, Gereja Notre Dame, kebakaran.

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran itu, api dengan cepat melalap atap dan puncak menara gereja bernuansa Gotik yang dibangun pada abad ke-12 itu.

Video yang dirilis The Guardian memperlihatkan detik-detik ketika puncak menara gereja Katolik itu jatuh dalam kebakaran yang terjadi Senin petang (15/4/2019) waktu setempat.

Baca juga: Kebakaran Hebat Hancurkan Menara Gereja Notre Dame di Paris

Puncak yang runcing itu jatuh perlahan-lahan ketika asap hitam pekat membubung ke angkasa di tengah suara sirine pemadam kebakaran yang menderu.

Kerumunan orang, baik itu warga Paris maupun turis, melihat dari sisi jembatan. Video juga memperlihatkan Presiden Perancis Emmanuel Macron mengunjungi lokasi.

"Apinya menyebar dengan cepat di atap," ungkap Wakil Wali Kota Paris Emmanuel Gregoire kepada media lokal BFM sebagimana diwartakan kantor berita AFP.

Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Mengutip media lokal, seorang anggota pemadam kebakaran mengalami luka serius saat menjinakkan api.

Kepala tim pemadam kebakaran Jean-Claude Gallet kepada wartawan mengatakan dua menara utama lain gereja itu bisa diselamatkan. "Kami melihat struktur utama bangunan masih utuh," tegas dia.

Wakil Menteri Dalam Negeri Laurent Nunez yang ikut dalam rombongan Macron menjelaskan, mereka tidak menggunakan usulan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Dalam kicauannya di Twitter, Trump mengusulkan agar pesawat tanker bisa menjatuhkan air di atas Notre Dame. "Seharusnya penanganan berlangsung cepat!" tegas dia.

Nunez menuturkan menggunakan pesawat pengebom air ke Notre Dame merupakan langkah yang sangat berisiko karena bisa mengancam bangunan gereja.

Kesedihan begitu terpancar dari Jeanne Duffy, warga New York yang datang ke Paris bersama dua putrinya untuk sepupunya. Mereka awalnya berniat untuk melihat menara gereja.

Namun, mereka berubah pikiran dengan mengunjungi Disneyland Paris. "Ini adalah harta dunia. Semua orang tahu Notre Dame. Kami sangat sedih," tutur dia.

Macron yang sangat emosional ketika berpidato hingga harus menyeka air matanya berjanji pemerintahannya bakal segera membangun kembali gereja berusia 850 tahun tersebut.

Baca juga: Penyerang Polisi di Notre Dame Telah Berbaiat kepada ISIS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com